Healthy food

5 Cara Ampuh Meningkatkan Imun Tubuh

Di kala pandemi saat ini, imun tubuh merupakan “suatu senjata” guna menyerang berbagai ancaman virus. Disamping mentaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan, menjaga dan meningkatkan imun tubuh agar tetap kuat merupakan hal yang harus dilakukan.  

Lalu, bagaimana cara meningkatkan imun tubuh secara alami di kala pandemi? Salah satu kunci yang perlu diperhatikan adalah menerapkan hidup sehat. Bukit Vista telah merangkum beberapa cara guna meningkatkan imun tubuhmu!

Memiliki jam tidur yang cukup dan berkualitas akan meningkatkan imun tubuh

Berdasarkan situs Kompas, memiliki jam tidur yang cukup sama pentingnya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Tidur yang nyenyak atau berkualitas dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan menjaga imun tubuh untuk tetap kuat. Mengapa? Saat kita tidur, sistem imun tubuh akan mengeluarkan zat bernama sitokin, yang dapat meningkatkan kualitas tidur serta diperlukan ketika terjadi infeksi atau peradangan.Begitu juga saat kita memiliki jam tidur yang kurang, produksi sitokin dan sel T di tubuh akan berkurang. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki jam tidur yang cukup yaitu 7 jam setiap harinya!

Konsumsi makanan bergizi

Makanan bergizi berarti makanan yang memiliki kandungan gizi yang sesuai dengan tubuh kita. Semakin beragam jenis makanan yang Anda konsumsi, semakin banyak juga jenis nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Salah satunya Anda dapat mengkonsumsi nasi atau gandum untuk mendapatkan karbohidrat,  sayur dan buah untuk asupan vitamin dan mineral, daging. telur, dan kacang – kacangan untuk mendapatkan asupan protein dan lemak.

Konsumsi vitamin C

Vitamin C memiliki peran penting dalam meningkatkan imun tubuh. Dalam kondisi pandemi seperti ini, pastikan Anda mengonsumsi lebih banyak makanan yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. seperti kiwi, jeruk, brokoli, tomat, dan paprika. Jika diperlukan, Anda dapat menambah asupan vitamin C dari suplemen. 

Mengelola stres

Salah satu hal yang dapat menurunkan imun tubuh adalah stres, terlebih saat stres tidak terkelola dengan baik. Pada kondisi ini, tubuh seseorang akan memproduksi hormon kortisol. Peningkatan hormon ini yang berkepanjangan dapat menurunkan imun tubuh.  Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan stres ialah melakukan hobi, berolahraga, berbagai keluh kesah dengan teman, merawat diri. 

Menjaga kebersihan

Kondisi kebersihan seseorang dapat menentukan besar atau kecilnya risiko terpapar virus atau kuman yang menimbulkan penyakit. Pada laman website Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dipaparkan bahwa paparan mikroorganisme di tempat tinggal Anda mampu membentuk pola perkembangan respons imun Anda. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi sanitasi.

Di atas merupakan cara meningkatkan imun tubuh secara alami di kala pandemi! Apakah Anda telah menerapkannya! Yuk mulai tingkatkan imun tubuh kita dengan melakukan beberapa cara di atas!


Jika Anda sedang mencari perusahaan pengelola vila di area Bali dan Jogja, Bukit Vista hadir sebagai sumber terpercaya untuk mengelola vila Anda. Pelajari layanan kami di Manage My Property page atau kunjungi halaman Community Expert untuk bertemu komunitas kami lebih lanjut ! Feel free to reach out!

Compare listings

Compare