cara merawat kolam renang

Cara Merawat Kolam Renang Dengan Mudah

img Nadia bukitvista | June 20, 2021

Perawatan kolam renang merupakan salah satu hal terpenting dalam mengelola propertimu. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Bukit Visa terkait fasilitas penting yang paling dicari oleh tamu, kolam renang merupakan salah satu fasilitas yang paling dicari baik di daerah Yogyakarta maupun Bali. Tak hanya terbatas pada 1 jenis properti saja seperti villa, tamu juga mencari fasilitas satu ini pada guesthouse. Dengan begitu, cara merawat kolam renang agar tetap jernih merupakan salah satu hal yang diperlukan.

Sebetulnya, merawat kolam renang adalah suatu hal yang mudah. Kabar baiknya, anda dapat melakukan perawatan kolam sendiri selama Anda tahu obat – obat serta peralatan yang digunakan. Konsistensi merupakan kunci utama. Kolam renang yang tidak dirawat berpotensi menjadi sarang penyakit, menganggu pemandangan tamu, dan menambah biaya perawatan kolam renang di kemudian hari. Sebaliknya, semakin Anda mengetahui cara merawat kolam renang, Anda dapat mencegah dampak negatif terhadap kesehatan serta meminimalisir biaya renovasi di kemudian hari.

Lalu bagaimana cara untuk merawat kolam renang agar tetap jernih?
Bukit Vista telah merangkum beberapa tips yang bisa membantumu merawat kolammu agar tetap jernih. Yuk, simak tips berikut!

  1. Memeriksa kandungan kimia air kolam renang Anda

Campuran bahan kimia digunakan untuk menjaga tingkat kejernihan air dan mencegah air tidak mengeluarkan bau. Tentu, hal ini perlu disesuaikan dengan kondisi kolam renang seperti ukuran dan volume. Penggunaan bahan kimia yang berlebihan tentunya tidak mampu membantu merawat air kolam renang Anda. Sebaliknya takaran bahan kimia yang berlebihan mampu membuat aroma kimia pada air tercium semakin kuat dan tak jarang menimbulkan iritasi pada kulitdan mata. Berikut beberapa hal yang dapat anda jadikan acuan dalam memeriksa kandungan kimia air kolam:

  • Tingkat PH ideal berkisar antara 7,2 hingga 7,8. Dengan mempertahankan tingkat PH air kolam renang, Anda dapat mencegah kulit dan mata dari iritasi. Tak hanya itu, dengan memiliki tingkat PH yang ideal, penggunaan klorin akan menjadi lebih efektif. Klorin merupakan salah satu bahan kimia yang digunakan untuk membunuh bakteri jahat pada kolam renang.
  • Kadar ideal kaporit berkisar antara 1,0 hingga 1,5 ppm
  • Targetkan 30 – 50 bagian per juta (ppm) asam sinurat pada kolam renang Anda. Bahan ini bertujuan untuk melindungi klorin dari paparan sinar matahari.
  • Targetkan 60 – 120 ppm alkanitas, dimana alkanitas digunakan untuk menjaga keseimbangan PH

  1. Rutin menggosok dinding keramik kolam renang

Menggosok keramik kolam renang secara rutin mampu menghindari tumpukan lumpur, debu atau bahan – bahan kimia yang berujung pada pengaratan. Idealnya, hal ini dapat dilakukan secara rutin yaitu seminggu sekali atau ketika melihhat tumpukan mulai muncul di dinding kolam renang.

cara merawat kolam renang agar tetap jernih

  1. Lakukan vakum secara periodik

Cara merawat kolam renang agar tetap jernih yang ketiga yaitu dengan membersihkan dasar kolam renang dengan vakum. Kotoran yang menumpuk di permukaan tak jarang terurai dan turun menuju dasar permukaan kolam. Untuk kotoran yang membandel akibat debu, Anda dapat menggunakan bantuan sikat berbahan plastik untuk menyikatnya. 

Kegiatan ini perlu dilakukan secara periodik yaitu seminggu sekali guna menjaga kolam renang Anda tetap jernih dan bersih. Atau Anda bisa menyesuikan dengan tingkat kekotoran kolam renang Anda seperti dilakukan setiap hari dan setiap pagi, tergantung kondisi kolam renang Anda.

  1. Memantau permukaan kolam renang

Salah satu hal yang tidak dapat dielakkan ialah memantau permukaan kolam renang dari daun, plastik, atau sampah lainnya. Anda dapat menggunakan skimmer tiang panjang guna menjaring plastik, daun, atau puing – puing sampah lainnya di permukaan kolam.

  1. Jaga sirkulasi kolam renang

Salah satu cara untuk menjaga kadar kebersihan dan kejernihan pada air kolam yaitu dengan menjaga sirkulasi kolam renang. Hal ini perlu dilakukan dan dipantau setiap hari sehingga air tetap mengandung oksigen yang cukup dan puing – puing sampah dapat tersaring dengan maksimal. Pastikan alat filter/ sirkulasi menyala minimum 6 jam per harinya. Di lain sisi, jauhi menyalakan dan mematikan alat sirkulasi/filter terlalu sering namun dapat diatas dengan menggunakan pengatur waktu secara otomatis.

Lalu, pertanyaan selanjutnya yang sering ditanyakan ialah bagaimana cara merawat kolam renang di musim hujan?
Tenang saja, Bukit Vista juga telah  merangkum tips guna membantu merawat kolam renang Anda.

cara merawat kolam renang di musim hujan

Yang pertama yang perlu diperhatikan ialah tetap jaga kadar PH air kolam renang di posisi ideal. Ketika musim hujan. kadang PH air kolam renang cenderung mengalami perubahan karena adanya penambahan air hujan. Tepat sekali Anda perlu memantau hal ini.

Ketika kadar PH dibawah 7,2 hingga 7,8 anda dapat memberikan soda ash guna mengembalikan kadar PH air kolam renang. Soda ash dapat digunakan untuk menaikkan tingkat PH. Kendati demikian, Anda perlu menambahkan bubuk putih satu ini sedikit demi sedikit hingga kadar PH kembali normal. Sebaliknya, ketika kadar PH melebihi 7,2 hingga 7,8 Anda dapat menambahkan HCL Acid. Dengan menambahkan larutan satu ini sedikit demi sedikit dapat  menurunkan kadar PH kolam renang Anda

Bagaimana? Mudah bukan untuk merawat kolam renang Anda. Yuk, mulai rawat aset properti Anda diawali dengan merawat kolam renang!

Jika Anda sedang mencari perusahaan pengelola vila di area Bali dan Jogja, Bukit Vista hadir sebagai sumber terpercaya untuk mengelola vila Anda. Pelajari layanan kami di Manage My Property page atau kunjungi halaman Community Expert untuk bertemu komunitas kami lebih lanjut ! Feel free to reach out!

Compare listings

Compare
Share via
Copy link