Return to site

Bukit Vista Webinar 2020

Top 3 Problems Bali Property Owners Experience Today

· bali property,bali airbnb,airbnb management,airbnb hosts,hospitality webinar

Novel coronavirus, atau yang sering disebut sebagai COVID-19, adalah virus baru yang memiliki tingkat penyebaran yang cepat dan telah dideklarasikan sebagai pandemi oleh World Health Organization (WHO). Virus ini ditemukan di Wuhan, Tiongkok, pada akhir tahun 2019 dan telah menginfeksi lebih dari empat juta orang di dunia.

Pandemi ini memiliki dampak yang sangat besar di seluruh dunia. Dunia pariwisata dan hospitality pun tak luput dari dampak pandemi ini. Banyak negara yang telah menerapkan lockdown sehingga jumlah pengunjung asing pun berkurang drastis. Peniadaan penerbangan dan penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di sejumlah daerah di Indonesia juga turut andil dalam mengurangi jumlah wisatawan domestik.

Bukit Vista, sebuah perusahaan manajemen properti di Bali dan Jogjakarta, mengadakan pembahasan dalam bentuk webinar mengenai masalah-masalah yang tengah dihadapi oleh para pemilik properti beserta langkah-langkah yang dapat dilakukan pada masa pandemi ini. Webinar ini sendiri dihadiri oleh puluhan peserta yang terdiri dari pemilik properti dan juga staf pengelola.

Click on the poster above to see the slides to the webinar

Webinar ini dibuka dengan sambutan dan pengenalan Bukit Vista oleh Jing Cho Yang, CEO dari Bukit Vista. Sesi ini juga menyampaikan bagaimana Bukit Vista merespon pandemi ini. Setelah itu, pembicara utama Webinar ini, Lilis Sinta Setiawati, memulai dengan memaparkan tiga masalah yang sedang dihadapi para pemilik properti.

1. Mengecilnya Pasar dan Berkurangnya Kekuatan Ekonomi

Masalah pertama yang dihadapi adalah pasar yang mengecil dan berkurangnya kekuatan finansial. Hal ini disebabkan oleh dua hal. Penyebab pertama adalah tingginya tingkat pengangguran di pasar utama reservasi dari Bukit Vista, Amerika Serikat. Dilansir oleh CNBC, terdapat 33,5 juta orang yang dirumahkan karena terhambatnya ekonomi. Penyebab kedua adalah ditetapkannya lockdown di banyak negara, sehingga tidak ada penerbangan yang dapat keluar-masuk di Bali. Bukit Vista hadir dengan strategi dalam menyelesaikan masalah tersebut dengan tiga hal, yaitu pricing yang memaksimalkan biaya operasional properti untuk mengurangi harga sewa, memaksimalkan timing dalam proses reservasi, dan melaksanakan online hosting culture untuk tamu yang akan datang.

2. Perubahan Permintaan Pasar

Masalah kedua adalah permintaan pasar. Saat ini tamu yang berada di Bali cenderung menyewa properti dengan jangka waktu yang lama. Hal ini terjadi karena tamu yang ada akan tinggal dalam waktu yang lama karena terjadinya lockdown di daerah asal mereka. Masalah ini dilihat oleh Bukit Vista sebagai kesempatan. Terdapat beberapa langkah yang dilakukan oleh Bukit Vista, yaitu memberikan diskon untuk long term stay, menyediakan price list untuk setiap properti sehingga tim reservasi dapat dengan mudah membuat kesempatan dengan calon tamu.

Bukit Vista juga melakukan perbaikan secara berkala terhadap listing yang ada sehingga terlihat menarik, seperti memberikan label long stay discount pada foto properti, melakukan penerjemahan terhadap deskripsi properti terhadap bahasa yang calon tamu kemungkinan besar gunakan, dan mengiklankan properti-properti tersebut di Facebook.

here.

3. Kekhawatiran atas Penyebaran COVID-19

Masalah ketiga yang dihadapi adalah tentang ketakutan akan penyebaran COVID-19 di properti mereka. Masalah ini dijadikan kesempatan oleh Bukit Vista untuk menciptakan program sertifikasi terhadap standar kebersihan yang diverifikasi oleh WHO dan memberikan label “Covid Safe Certification” di listing properti. Bukit Vista juga menerapkan staff stafety dengan menyarankan tamu untuk melakukan self service pada tamu saat check-in.

Webinar ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang dimoderatori oleh Rafik (Community Manager) dan Tendi Kurniawan (Hospitality Manager) sebagai sekretaris. Berikut proses tanya jawab yang terjadi.

Nyoman Krisna Wati

Positioning apa yang ditawarkan bukit vista?

Jawaban :

  • Jing : Bukit Vista dapat memprediksi trend wisatawan di masa depan karena Bukit Vista menggunakan data yang dikelola dari property yang bekerja sama dengan Bukit Vista saat ini dengan lingkup yang luas. Dengan data tersebut kami membuat solusi untuk property partner.
  • Lilis: Mengembangkan program Covid Safe Certification. Dengan adanya sertifikasi tersebut maka property yang memiliki standar kebersihan yang baik akan lebih dipilih tamu untuk menginap saat ini dan di masa depan.

    Aldo

    Bagaimana cara mengurangi operational cost ketika rate long term sudah didiskon?

    Jawaban:

    • Lilis: Salah satu biaya operasional yang tinggi adalah linen. Maka untuk long stay kami menawarkan kepada tamu untuk mengurangi frekuensi penggantian spray atau handuk, opsi lain yaitu listrik dibayarkan oleh tamu dengan kesepakatan yang sudah di buat sebelum booking terkonfirmasi. Serta ada berbagai cara untuk mengurangi biaya operasional dengan melihat biaya operasional yang paling tinggi.
    • Jing: Pada saat ada tamu long stay kita bisa mengatur pompa kolam berenang dengan mengurangi jam aktif nya tetapi masih tetap membuat kolam bersih.

    Vidi

    Untuk kondisi seperti ini, apakah Bukit Vista mempunyai perkiraan kapan untuk selesai? dan selama itu apa yang harus dilakukan?

    Jawaban:

    • Jing: Pada saat ini hal ini sulit untuk di prediksi mengenai kapan situasi ini berakhir, namun saat ini saya memprediksikan selama 18 bulan. Salah satu yang bisa kita gunakan adalah statistik pendapatan selama 6 bulan ke depan. Jika pendapatan dalam 6 bulan kedepan naik berarti kondisi sudah mulai pulih dan begitu sebaliknya.
    • Lilis: Strategy yang di susun untuk covid recovery, tim bukit vista sudah menyusun sampai bulan desember 2020. Kita juga mengatur cancelation policy flexible untuk mendapatkan tamu di masa depan.

    Tendi

    Bagaimana skema hosting dari bukit vista untuk kedepannya?

    Jawaban:

    • Jing: Skema hosting akan berbeda di masa depan, kebiasaan tamu akan berubah menjadi lebih menjaga jarak dan lebih mengutamakan kebersihan. Di masa depan self service akan menjadi suatu standar. Cara terbaik agar tetap dapat memberikan hospitality adalah dengan online video call dengan tamu atau mungkin bisa membuat webinar dengan tamu’’ yang akan menginap contohnya dengan seluruh tamu di canggu yang ingin mendapatkan informasi mengenai canggu bisa join dengan webinar yang dilakukan host setiap harinya dengan waktu yang di tentukan.
    • Rafik: Kita bisa menggunakan lock box untuk mengatur self check in. Tim host akan menghubungi tamu untuk memberikan direksi proses check in.

    Gede Suardiana

    Berapa besar market share for pecatu compare with other area such as ungasan, jimbaran and canggu in bukit vista business perspective during corona virus ?

    Jawaban:

    • Jing: Kami pada saat menggunakan sistem bukit vista statistik dengan tableau. Salah satu data yang bisa kita gunakan adalah booking pace. Booking pace pada saat ini daerah pecatu atau uluwatu saat ini hanya mendapatkan 1-3 booking perhari atau USD 2440 pada bulan may. dan dibandinkan daerah lain seperti canggu dengan USD 517, uluwatu masih tinggi dan untuk jimbaran masih stabil berkisaran USD 1633 untuk bulan may. Pada saat ini revenue tertinggi dari bukit vista adalah dari area Nusa Dua yaitu USD 4350 pada bulan may.

      Aswin Nobby

      Dalam kondisi unemployment saat ini bagaimana cara mengatasinya dan kebijakan apa saja yang dapat di berlakukan terhadap karyawan?

      Jawaban:

      • Jing: Hal ini sudah saya pikirkan dan terapkan pada perusahaan saya sendiri. Saya sempat berdiskusi dengan para investor dan salah satu investor mengatakan reverse engineer the future. Artinya staff sangat di perlukan untuk membantu process recovery. Hal yang harus dipikirkan adalah bagaimana cara untuk menciptakan masa depan dengan staff yang ada sekarang. Itu adalah salah satu bukit vista membuat webinar hari ini. Dikarenakan dimasa depan tamu akan lebih mengutamakan masalah kebersihan dan kami ingin staff di setiap property ikut berpartisipasi dalam program ini dan seluruh komponen mengerti program ini. Dengan menyatukan visi antara staff dan owner dengan memberikan pengertian bahwa jika owner mempertahankan staff maka staff harus membantu untuk mempertahankan dan ikut serta dalam program recovery.

      Jennifer

      Bagaimana rebuilding property reputation apabila ternyata ada guest property yang positif covid 19 dan di ketahui publik.

      Jawaban:

      • Jing: Kita jangan terlalu khawatir mengenai hal itu karena pada saat ini banyak berita buruk yang diberitakan, karena hampir setiap property di bali bisa jadi memiliki tamu yang positif. Dengan adanya prosedur yang tepat maka kita akan meminimalisir penyebaran covid 19. Dengan sertifikasi yang bukit vista berikan maka akan membantu untuk rebuilding reputasi property tersebut. Salah satu contohnya adalah rumah sakit, hampir seluruh rumah sakit di dunia menerima pasien dengan positif covid 19, tetapi di masa depan masyarakat masih tetap mengunjungi rumah sakit, rumah sakit membangun reputasinya dengan menerapkan prosedur kebersihan yang jelas sehingga menjadikan aman untuk pasien berikutnya sehingga kita tidak perlu takut untuk mengunjungi rumah sakit tersebut.

      Darmadi

      Dalam menyusun pricing list property baik monthly, weekly atau nightly dalam situasi sulit saat ini dari bukit vista apakah ada kordinasi dengan owner untuk membuat atau menyusun harga.

      Jawaban:

      • Lilis: Skema bukit vista idealnya yaitu kami meminta data biaya operasional, setelah kami menghitung data tersebut maka kami menentukan harga untuk property. Kami juga memberi tahu kepada property owner untuk strategy harga yang akan kami gunakan sehingga owner mengetahui strategy yg kami terapkan untuk propertynya.

      Berikut webinar yang telah dilakukan oleh Bukit Vista pada Sabtu, 9 Mei 2020. Kami ingin menghimpun seluruh pemilik properti agar dapat melewati masa-masa yang sulit bersama. Semoga webinar ini bermanfaat dari segi pembelajaran dan bahan diskusi kedepannya dengan tim Bukit Vista. Untuk pengembangan kami ke depannya, kami memohon untuk mengisi survey kepuasan terhadap webinar kami dan topik apa yang dapat kami bahas selanjutnya. Survey dapat diisi di sini.

      Watch the entire webinar here on our YouTube Channel

      All Posts
      ×

      Almost done…

      We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

      OK