nusa penida bali

Partners Meeting: Pengelolaan Villa Nusa Penida Saat PPKM

Pada masa pandemi ini, tim Bukit VIsta masih tetap mencari cara untuk bertemu dan berinteraksi dengan para mitra-mitra kami! Kami sangat menghargai adanya komunikasi dan interaksi yang bersikap transparan. Oleh karena itu, bulan Juli lalu pada tanggal 20,  tim Bukit Vista mengadakan pertemuan bersama mitra-mitra di villa Nusa Penida, untuk mendiskusikan insights dan bertukar opini-opini relevan mengenai keadaan villa Nusa Penida sekarang, bertjuan untuk memiliki kerjasama yang lebih ampuh kedepannya!  


Para mitra yang datang untuk berdiskusi termasuk: Bil Wira, pemilik Ba Bar Cottage, Bil Kastawan, pemilik Bamboo Bunglaows, dan Mbok Asti, pemilik Lo Sari. 


Penasaran deh, seperti apa kondisi di Nusa Penida sekarang? Dan adakah insights menarik yang disampaikan oleh para mitra mengenai pariwisata di Bali sekarang? Yuk, kita langsung simak informasinya!

nusa penida bali view

Keadaan Villa-Villa Nusa Penida Sekarang

Sedikit info mengenai Nusa Penida sekarang, masyarakat lokal (provinsi Bali) bisa berkunjung ke Nusa Penida lewat Sanur,  dan harus ada alasan penting untuk berkunjung (seperti upacara keagamaan). Mereka juga harus menunjukkan sertifikat vaksin dan hasil tes Covid-19. Lalu, tamu-tamu yang bisa berkunjung ke Nusa Penida adalah mereka yang punya Kartu Izin Tinggal di Bali dan sudah tinggal di Bali sebelum PPKM mulai. Wah, kelihatannya masih sangat strict mengenai pariwisata dan akses untuk menuju ke Nusa Penida.

Namun jangan khawatir, pada saat berdiskusi, para mitra-mitra membagikan informasi dan tips dengan bagaimana mereka bisa mengelola properti pada masa pandemi yang sulit seperti ini. 

Menghemat Biaya Operasional

Pastinya, pada saat PPKM, banyak yang kesulitan mengenai masalah keuangan. Disini, para mitra membagikan tips dan informasi kepada satu sama lain mengenai bagaimana bisa menghemat biaya operasional villa pada masa PPKM.  

Banyak dari mitra mengusulkan untuk mematikan lampu dalam properti jika tidak diperlukan, untuk menghemat biaya listrik. Para mitra juga sempat berbagi mengenai koneksi WiFi. Mereka mengusulkan kepada satu sama lain untuk merendahkan kecepatan koneksi WiFi agar menghemat biaya, tetapi tidak di matikan atau di berhentikan, karena memang masih ada yang menggunakannya. Selama pandemi, para mitra juga ada yang tidak menggunakan staff untuk mengurus villa, melainkan menggunakan keluarga sendiri untuk mengursnya agar menghemat biaya juga. Lalu, untuk mengurus kolam, para mitra juga setuju bahwa tetap harus ada perawatan berkala agar tetap berkualitas.

Untuk menjaga mesin kolam tetap hidup, perlu divakum sekali seminggu, dihidupkan seminggu sekali mesin kolamnya. 

Bagi partner properti yang ada kolam renangnya, walaupun atasnya ditutup, itu tidak akan menjaga kualitas kolam tetap baik. Itu tidak menjamin air dan dinding kolam tetap bersih  karena air bertemu keramik, pasti akan lumutan kalau didiamkan sebulan. Itu cuman menghalangi daun yang masuk ke dalam kolam

Bli Wira, Ba Bar Cottage

Mengetahui hal-hal ini, bagaimana sih sebenarnya cara Bukit Vista dan para mitra-mitra mengimplementasikan servis kualitas pengelolaan properti yang semaksimal mungkin? Terutama pada masa PPKM, bagaimana cara Bukit Vista bekerja sama dengan mitra? Ada beberapa program yang biasa di lakukan untuk menjaga kualitas villa dan hubungan antara mitra dan Bukit Vista sendiri. Termasuk:

  • Property Quality Control Program
  • Guest Occupancy Performance
  • Revenue Management Service
  • BV Facebook Group Content

Yuk, langsung kita simak apa aja sih yang dilakukan dalam program-program ini?

Property Quality Control Program

Di Bukit Vista, kami juga terus menerus mencoba untuk menjamin kualitas villa melalui program ini. Walau masih PPKM, program ini di jalankan secara virtual. Para mitra senang dengan program ini, karena program ini sangat berguna untuk membantu onsite team menjaga ataupun meningkatkan kualitas properti. Para mitra akan merekam keadaan villa secara virtual, dan para staff Bukit Vista akan menilai properti berdasarkan standar kualitas yang sudah ada.

Karena kita banyak di bawah satu payung Bukit Vista, langkah ini perlu untuk menyamakan standar kualitas properti kita, dalam hal kebersihan, sharing-sharing dengan tim Bukit Vista tentang bagaimana dan apa yang perlu ditingkatkan dalam hal pelayanan kami terhadap tamu, metode check-in dan check-out kami

Bli Wira, Ba Bar Cottage

Guest Occupancy Performance

Mitra mengerti salah satu penyebab utama tidak ada tamu di propertinya ialah kondisi pandemi dan ditambah kebijakan pemerintah mengadakan PPKM. Namun, para mitra juga berkata  bahwa mereka cukup puas dan berterimakasih kepada Bukit Vista karena meskipun keadaan saat ini sulit, Bukit Vista masih tetap berusaha mendapatkan tamu untuk propertinya, walaupun tidak sebanyak sebelum pandemi dimulai.  Mereka berharap bisa meningkatkan tamu-tamu dari Bukit Vista dengan cara mengadakan promo, terutama pada long term stay. 

Revenue Management Service

Karena pendapatan kurang, partner kesulitan untuk membayar biaya operasional properti, seperti listrik, wifi dan lainnya. Solusi sementara yang di lakukan partner saat ini adalah menekan operational cost sebisa mungkin, misalnya menurunkan kecepatan wifi di properti

BV Facebook Group Content

FB Group BV sering memberi informasi-informasi dan juga insights mengenai dunia pariwisata Bali. Menurut para mitra di dalam diskusi ini, sungguh bermanfaat karena dapat tips banyak seputar bagaimana properti bisa terus berkembang maju.

Nah, banyak ini dia hal-hal yang akan kalian dapatkan kalau menjadi mitra dari Bukit Vista. Kami akan membantu dari awal, mulai dari memasarkan properti sampai dengan pengelolaan dan perawatan. Bagi kalian yang ingin bergabung dengan komunitas seperti ini untuk membantu properti anda, langsung saja menghubungi Bukit Vista!

Compare listings

Compare