Sertifikat CHSE diberikan kepada properti yang telah menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan pedoman dan peraturan pemerintah.

Pedoman CHSE: Protokol Kesehatan Yang Harus Diketahui Pemilik Properti di 2022

img Feby Sumadewi | October 30, 2022
Sertifikat CHSE diberikan kepada properti yang telah menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan pedoman dan peraturan pemerintah.

Apa itu CHSE?

CHSE atau Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan adalah pedoman operasional dari Kementerian Kesehatan mengenai protokol kesehatan masyarakat di tempat umum untuk menekan dan mencegah penyebaran Virus Corona (COVID-19). 

Pedoman ini dimaksudkan sebagai acuan bagi pelaku usaha dan karyawan dalam memenuhi kebutuhan tamu dan memberikan pelayanan pariwisata yang bersih, sehat, aman, dan ramah lingkungan di masa pandemi Covid-19 ini. 

Pedoman ini berlaku bagi seluruh pelaku usaha di Indonesia dan telah mengacu pada protokol dan pedoman yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia, World Health Organization (WHO), dan World Travel & Tourism Council (WTTC) dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19. Yuk, baca lebih lanjut pedoman di bawah. 

Mengapa CHSE Penting?

Era pasca pandemi telah mengubah kebiasaan tamu saat bepergian. Banyak para wisatawan kini lebih memilih penginapan yang privasi dan mengutamakan kebersihan dan kesehatan. 

Hal ini menjadi pertanda bahwa pola permintaan dan perilaku wisatawan ke depan akan mengutamakan kebersihan dan kesehatan. 

Penting bagi pemerintah untuk mensosialisasikan pedoman ini kepada seluruh pelaku usaha pariwisata karena ini sangat berguna dan diharapkan efektif untuk menjaga ketatnya protokol kesehatan. 

Adanya panduan ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan selama masa pandemi. 

Oleh karena itu, pelaku usaha dituntut untuk dapat menjamin kebersihan yang tinggi terhadap pelayanan yang diberikan kepada wisatawan.

Pedoman Protokol Kesehatan Penting Yang Harus Diketahui Pemilik Properti di tahun 2022

1. Penyusunan SOP untuk karyawan

SOP merupakan pedoman atau acuan yang digunakan oleh karyawan saat bekerja agar sesuai dengan fungsinya. Adanya SOP yang tepat dan dipatuhi oleh karyawan dapat bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan atau bahkan kecelakaan yang dapat membahayakan, termasuk penularan virus covid-19. 

Anda bisa membuat SOP dalam bentuk booklet praktis yang bisa dimuat atau dibawa oleh karyawan kemana saja. SOP dapat terdiri dari pedoman persyaratan kegiatan di hotel, standar pelayanan tamu, standar kebersihan di dalam kamar, hingga SOP khusus untuk acara tertentu yang dapat disesuaikan dengan kondisi masing-masing. 

Ketika SOP sudah lengkap, latihlah pekerja Anda sesuai dengan SOP yang berlaku. Dengan begitu, adanya SOP ini tentunya akan sangat memudahkan Anda dan pekerja Anda saat bekerja melayani tamu di properti Anda. 

2. Menyediakan Fasilitas Yang Cukup dan Memadai

Fasilitas menjadi hal utama bagi para tamu di penginapan. Untuk menjaga kesehatan dan keselamatan tamu, sediakan fasilitas yang memadai dan berfungsi sempurna bagi tamu. Berikut fasilitas yang perlu Anda persiapkan di villa Anda: 

1. Fasilitas cuci tangan

Selain berada di dalam ruangan, sediakan juga fasilitas cuci tangan di depan penginapan Anda. Hal ini akan membantu tamu Anda untuk menjaga kebersihan area villa sebelum masuk setelah datang dari luar. 

2. Menyediakan Hand Sanitizer di tempat-tempat tertentu

Hand Sanitizer merupakan salah satu hal terpenting yang harus disediakan di area villa. Anda dapat menempatkannya di area tertentu.

3. Menyediakan area dan peralatan untuk pemeriksaan suhu tubuh untuk tamu dan karyawan.

Sediakanlah area, peralatan, dan layanan pemeriksaan suhu tubuh untuk tamu. 

Dengan begitu, tamu dan staf Anda akan dengan mudah mendeteksi seseorang yang memiliki gejala demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan/atau sesak napas, sehingga dapat dicegah untuk memasuki area penginapan. 

Pastikan juga alat pengukur suhu tubuh yang tersedia berfungsi dengan baik dan diperiksa secara berkala.

3. Inspeksi dan Pemeliharaan Properti

Inspeksi berkala penting untuk mencegah Anda dari kerugian. Pemeriksaan juga bertujuan untuk menjaga keselamatan dan kesehatan tamu Anda. Jika ada beberapa fasilitas yang tidak layak atau memadai, segeralah panggil tukang repasasi untuk memperbaikinya. 

Berikut panduan pemeriksaan dan perawatan properti yang harus dilakukan di area akomodasi Anda sesuai dengan pedoman CHSE: 

Kamar Tidur

  1. Penggunaan sprei, sarung bantal, dan selimut diganti dengan yang baru dan dicuci setelah digunakan oleh tamu. 
  2. Membersihkan barang atau fasilitas umum dengan desinfektan yang aman secara teratur (min. 2 kali sehari)
  3. Kamar tidur dibersihkan dengan desinfektan sebelum dan sesudah digunakan tamu. 
  4. Sediakan buku panduan tertulis tentang cara penggunaan dan potensi bahaya peralatan dan perlengkapan elektronik di kamar tidur. 
  5. Sediakan tempat sampah tertutup

Kamar mandi/Toilet

  1. Bersihkan kamar mandi dengan desinfektan segera setelah digunakan. Jika kamar mandi digunakan secara bersamaan, maka harus dibersihkan sesering mungkin agar selalu dalam kondisi higienis, bersih, dan bebas bau.
  2. Pastikan kran air berfungsi dengan baik.
  3. Pastikan saluran pembuangan dari kamar mandi tertutup dan mengalir dengan lancar. 
  4. Pasang prosedur penggunaan peralatan dan potensi bahaya peralatan di kamar mandi. 

Dapur

  1. Memasang himbauan untuk tidak menggunakan peralatan dan perlengkapan masak atau makan/minum dengan orang lain. 
  2. Bersihkan ruangan dan peralatan dapur dengan pembersih/desinfektan sesering mungkin atau jika terlihat kotor setelah digunakan. 
  3. menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun/hand sanitizer di dapur. 
  4. Sediakan tempat sampah dalam keadaan tertutup dan terdapat pemisahan antara sampah kering dan sampah kering.

Conclusion

Sudah sepatutnya seluruh pemilik properti mematuhi peraturan dan pedoman yang ditetapkan oleh pemerintah. Hal ini berguna untuk mencegah penyebaran virus atau bahaya yang dapat merugikan tamu atau pekerja Anda. 

Jika Anda kesulitan mengelola properti Anda, Bukit Vista menyediakan berbagai layanan yang dapat membantu Anda mengelola properti Anda dengan mudah dan efektif. Dengan Bukit Vista, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan properti Anda, karena Bukit Vista memiliki tim profesional yang telah bekerja untuk 206 mitra properti Bukit Vista. Gabung sekarang untuk menjadi mitra kami dan rasakan manfaatnya untuk properti Anda.

Compare listings

Compare
Send Us Inquiry
1
Booking Inquiries
Scan the code
Hello 👋🏻,
How can we help you? 🙏🏼
Share via
Copy link
Powered by Social Snap