tips airbnb sebelum membangun bisnis airbnb di bali

Tips Airbnb di Bali: 4 Hal yang Harus Anda Ketahui Untuk Mendapat Hasil Maksimal!

img feby bukitvista | July 21, 2022
tips airbnb sebelum membangun bisnis airbnb di bali

Semakin populer,  bisnis Airbnb di Bali kini semakin berkembang pesat dan digandrungi oleh para investor. Nah, kali ini Bukit Vista akan memberikan tips Airbnb di Bali yang bisa Anda simak sebelum membangun bisnis Airbnb di Bali.

Menurut survei terbaru terhadap 1000 orang, sekitar 54% dari mereka mempertimbangkan untuk menyewa rumah mereka sendiri melalui layanan seperti Airbnb dan 82% dari mereka percaya itu merupakan strategi uang yang baik dan menjanjikan. 

Pandemi Covid-19 kini telah mengubah cara pandang wisatawan saat bepergian. Kebanyakan dari mereka pasti ingin bepergian dengan jaminan keamanan yang aman dan membuat Airbnb yang menawarkan penginapan yang private kini semakin diminati para wisatawan saat berlibur.

Menjadi host airbnb tentu bisa menjadi investasi yang menjanjikan dalam jangka panjang. Tetapi sebelum Anda memulai menjadi host airbnb, ada banyak hal yang harus Anda ketahui untuk mengambil langkah pertama

Apa itu Airbnb?

Airbnb adalah platform penyewaan rumah secara online. Gambar oleh latfusa.com

Airbnb adalah platform online yang memiliki strategi pendekatan yang unik untuk penginapan. Platform online seperti Airbnb menghubungkan orang-orang yang menawarkan rumah mereka sebagai tempat menginap dengan orang-orang yang ingin tinggal di lokasi tertentu.

Di Airbnb, Anda dapat menemukan tempat untuk berlibur bersama keluarga, teman, atau tempat sewa dalam jangka waktu yang lama. Menyewa Airbnb adalah cara yang bagus untuk menjelajahi kota impian Anda di tengah pandemi. 

Ini karena Airbnb menawarkan seluruh rumah untuk Anda tinggali, menjadikannya lebih pribadi dan aman dari kontak luar yang belum tentu aman untuk kesehatan. Ini juga bisa menjadi cara alternatif bagi Anda yang tidak ingin menginap di hotel pada tahun 2022

 

Bisakah Siapapun Menjadi Pemilik Airbnb?

Jawabannya iya! siapa pun bisa menjadi hot Airbnb. 

Meskipun Anda tidak sabar untuk mendapatkan arus kas yang mengalir lancar ke rekening bank Anda, menjadi tuan rumah airbnb tidaklah mudah. Di beberapa area, Anda harus memiliki izin sebelum membangun bisnis persewaan Airbnb Anda sendiri. Jadi pastikan Anda mendapatkan izin yang tepat. 

Menurut artikel villa-bali, orang asing tidak boleh memiliki tanah di Indonesia. Orang asing hanya diperbolehkan menyewakan tanahnya dalam jangka waktu tertentu dan setelah waktu tersebut habis, tanah tersebut akan dikembalikan kepada pemiliknya. Masih banyak lagi beberapa hal legalitas yang perlu Anda ketahui, yang bisa Anda simak di artikel ini. 

Proses legalitas penting jika Anda ingin memulai bisnis Airbnb di Bali. Ambil sebanyak mungkin informasi yang Anda butuhkan karena ini akan menyelamatkan Anda dari sakit kepala di kemudian hari. 

Mengapa Airbnb di Bali adalah Investasi yang Baik?

Data penelitian menemukan bahwa salah satu pemilik airbnb terkemuka di dunia menghasilkan $15,4 juta dalam satu tahun. Hasil ini diperoleh dengan menyewakan 504 properti sewaan di Bali.

Hal ini tidak mengherankan mengingat properti sewaan seperti Airbnb sedang booming dan diminati di Bali. Menurut data AirDNA, pemilik tanah di Bali memperoleh pendapatan rata-rata US$41.000 per tahun.

Airbnb bukan lagi sekadar platform komunitas yang menghubungkan pemilik properti dan penyewa. Secara global, diketahui sebanyak 35 persen tuan rumah di Airbnb dimiliki oleh perusahaan pengelola properti.

Perusahaan pengelola properti memberikan solusi bijak bagi tuan tanah yang tidak bisa mengelola propertinya sendiri. Bukit Vista adalah pengelola properti airbnb yang telah mengelola 206+ properti di Bali dan Jogja selama 10 tahun. 

Sebagai pengelola airbnb, tim akan membantu Anda dalam mendaftar, menerima, strategi harga, mengoptimalkan iklan agar tampil di peringkat teratas, hingga menjamu tamu saat Anda bepergian atau tinggal di luar negeri.

Tips Airbnb: 4 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menjadi Host Airbnb

Hosting di Airbnb adalah investasi yang sangat menguntungkan. Anda juga bisa melakukannya dimanapun Anda berada dan tidak terikat dengan jam kantor.

Jika Anda akan menjadi tuan rumah di Airbnb, ada baiknya untuk memahami kenyataan sebelum Anda menyambut tamu pertama Anda. Berikut adalah beberapa detail penting yang dikatakan para ahli untuk diingat.

Tips Airbnb 1: Mempersiapkan perencanaan dan biaya awal

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk mulai berinvestasi di Airbnb adalah menyiapkan properti Anda. Layaknya sebuah hotel, Anda perlu menyiapkan beberapa fasilitas untuk para tamu.

Ada beberapa fasilitas yang Bukit Vista rekomendasikan untuk Anda persiapkan:

  1. Smart TV
  2. Wifi
  3. Towel
  4. Toiletries
  5. Peralatan dapur 

Selain fasilitas, pemberian sentuhan dekorasi dan furnitur baru juga diperlukan untuk investasi airbnb. Hal ini berguna untuk memberikan kesan unik, nyaman, dan estetis bagi para tamu.

Tamu Anda dapat membagikan foto liburan mereka di properti Anda di media sosial. Properti Anda pasti akan mendapatkan eksposur gratis dan lebih banyak orang akan tahu tentang properti Anda. Jadi, lakukan rencana awal yang strategis untuk investasi properti Anda agar dapat memberikan manfaat yang baik bagi Anda dan tamu Anda.

Topik terkait: 5 Ide Produk Ramah Lingkungan Populer untuk Vila Sewa Berkelanjutan di Bali

Tips Airbnb 2: Pilih Properti yang Tepat

Sebelum Anda memulai bisnis Airbnb, memilih lokasi yang tepat sangat penting, terutama untuk properti sewa liburan. 

Ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan seperti kota mana, lingkungan mana, atau jenis properti mana yang akan menghasilkan uang paling banyak. 

Semakin banyak tempat dan properti strategis yang Anda pilih, semakin banyak pula pemesanan yang akan Anda dapatkan. 

Untuk membuat keputusan yang bijak, Anda perlu melakukan riset pasar dan analisis persaingan. Riset pasar adalah analisis untuk membantu Anda menemukan pelanggan untuk bisnis Anda. 

Sementara analisis kompetitif membantu Anda membedakan properti Anda dan menjadikannya unik. Jika Anda menggabungkan kedua analisis ini, Anda dapat mengambil lebih banyak manfaat untuk mengembangkan bisnis Airbnb Anda. 

Tips Airbnb 3: Membuat Penetapan Harga Dinamis

Kiat hosting airbnb lain yang harus Anda ketahui sebelum memulai bisnis airbnb adalah mengubah harga Anda setiap hari. Membuat harga dinamis sangat penting. Inilah alasannya. 

 

Ada hal-hal yang terjadi yang dapat mempengaruhi penawaran dan permintaan lokasi properti Anda. Misalnya, saat pandemi terjadi, permintaan di hampir semua kawasan wisata menurun secara signifikan. 

Ditambah dengan adanya pembatasan perjalanan yang diterapkan di negara tertentu bagi tamu untuk bepergian ke luar negeri. Ketika ini terjadi, Anda mungkin harus menurunkan harga.

Tetapi ketika permintaan tinggi selama musim ramai, Anda dapat menggandakannya menjadi sebulan. Tetapi Anda juga perlu menganalisis harga pesaing Anda agar tidak kehilangan pemesanan potensial. 

Membuat strategi harga mungkin akan membuat Anda pusing dengan kebutuhan analisis dua sampai tiga kali dan memakan waktu berjam-jam. 

Anda dapat menghemat waktu Anda dengan berbicara dengan seorang ahli dan bertanya kepada mereka bagaimana membuat strategi harga terbaik. 

Apakah Anda ingin berkonsultasi dengan pakar untuk membantu Anda membuat strategi penetapan harga yang lebih baik? Pesan sekarang di sini untuk berkonsultasi dengan ahli kami secara gratis. 

Tips Airbnb 4: Minta Ulasan

Setelah Anda menjalankan bisnis Anda, pastikan untuk selalu meminta ulasan dari tamu. Ulasan sangat penting untuk properti Anda. Ini membantu Anda mendapatkan lebih banyak pemesanan. 

Manfaat review adalah untuk meningkatkan rating properti Anda. Semakin besar peringkat yang Anda miliki, semakin banyak pemesanan yang akan Anda dapatkan. 

Ulasan dari tamu sebelumnya juga akan membantu calon tamu untuk mengetahui gambaran umum tentang properti Anda dan membangun kepercayaan mereka. 

Ulasan juga membantu properti Anda tampil di peringkat teratas. Ini menunjukkan bahwa tuan rumah dengan ulasan yang baik lebih diprioritaskan dalam hasil pencarian oleh Airbnb

Kesimpulan

Setelah Anda membaca 4 hal yang harus Anda ketahui sebelum memulai bisnis Airbnb Anda, sekarang saatnya untuk mengambil pena Anda dan membuat rencana Anda. 

Mengelola bisnis Airbnb mungkin sedikit merepotkan, tetapi dengan konsistensi dan strategi yang tepat, Anda akan mendapatkan hasilnya. 

Jangan kehilangan potensi apa pun yang dimiliki properti Anda untuk mendapatkan lebih banyak pemesanan. 

Lebih dari 170 vila mewah, guesthouse, dan homestay telah meningkatkan tingkat pemesanan mereka dengan bantuan Bukit Vista. 

Bukit Vista adalah solusi satu arah bagi pemilik untuk menemukan strategi terbaik dan inovatif untuk mengoptimalkan properti mereka. Pelajari lebih lanjut tentang layanan DI SINI

Tidak ada waktu untuk menggulir dan ingin penjelasan cepat yang jelas secara langsung? Coba konsultasikan dengan ahli kami, sekarang juga.

 

Compare listings

Compare
Send Us Inquiry
1
Booking Inquiries
or scan the code
Hello 👋🏻,
How can we help you? 🙏🏼
Share via
Copy link
Powered by Social Snap