Kecerdasan Buatan untuk Meningkatkan Kinerja Customer Service

img | February 9, 2023

Sebagai salah satu pengelola properti terkemuka di Bali, Bukit Vista terus mencari inovasi baru untuk memberikan kegembiraan bagi mitra kami, tamu, dan orang-orang di Bukit Vista. Salah satu inovasi yang kami terapkan adalah menggunakan kecerdasan buatan untuk tim reservasi dan hosting kami untuk meningkatkan alur kerja. Rafie dan Rifqi, salah satu data scientist magang kami mampu menerapkan ini melalui OSAI (Operations Supervision Artificial Intelligence). Baca lebih lanjut di bawah ini tentang bagaimana mereka menggunakan kecerdasan buatan untuk memberikan kegembiraan bagi para tamu dan tim operasional kami di Bukit Vista.

Rafie mengambil jurusan Teknologi Sains Data di Universitas Airlangga sementara Rifqi mengambil jurusan Teknik di Universitas Diponegoro, mereka berdua adalah data scientist yang magang di Bukit Vista. Pengalaman mereka dengan data telah membawa mereka untuk belajar lebih banyak tentang machine learning. Dengan pengalaman membuat pemodelan menggunakan Python, memvisualisasikan data dengan Data Studio, pengembangan dengan TensorFlow, dan bekerja dengan database melalui MariaDB. Di sini kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai proyek mereka selama di Bukit Vista.

Selain tertarik pada data science & AI, Rafie sangat menyukai jajan makan di luar dan mengoleksi jam tangan.
Rifqi mengambil jurusan teknik elektro dengan peminatan di IT

Latar belakang kerja operasional di Bukit Vista

Bayangkan Anda memiliki perusahaan yang bergerak cepat dengan banyak orang yang datang dan pergi, dan banyak informasi yang perlu dicerna oleh orang-orang baru. Pimpinan, HR, dan senior di perusahaan Anda pasti akan lelah mengajari orang baru berulang kali tentang hal-hal penting di perusahaan Anda, kan? Hal ini menjadi salah satu masalah besar yang dihadapi Bukit Vista, terutama di bagian Guest Squad/Hospitality, Air support, and Reservation (HAR) Team.

Mentransfer pengetahuan telah menjadi masalah bagi tim HAR. Seiring berjalannya waktu, para kandidat berganti dan para supervisor perlu mentransfer kembali pengetahuan mereka kepada para kandidat. Proses yang berulang dan melelahkan ini telah menyebabkan kinerja tim operasi menjadi agak musiman. Ketika kandidat baru masuk, kinerja menurun, namun seiring berjalannya waktu, ketika kandidat belajar dan beradaptasi, kinerja akan kembali meningkat. Jadi, bagaimana kita bisa menjaga kinerja tetap stabil sekaligus meringankan pekerjaan supervisor? Jawabannya adalah sistem manajemen pengetahuan.

Sistem manajemen pengetahuan adalah alat atau seperangkat alat yang digunakan organisasi untuk menyimpan, mengatur, dan mengakses informasi, tujuan dari sistem manajemen pengetahuan adalah untuk memudahkan orang-orang di dalam organisasi untuk menemukan dan menggunakan informasi yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka secara efektif. Hal ini dapat mencakup hal-hal seperti dokumen, kebijakan, prosedur, dan keahlian yang relevan dengan kegiatan operasional organisasi.

Setelah satu minggu melakukan penelitian untuk menentukan metode terbaik untuk menyelesaikan masalah ini, kami memutuskan untuk menggunakan BERT, khususnya Roberta-base-squad2, untuk membangun sistem manajemen pengetahuan kami. BERT (Bidirectional Encoder Representations from Transformers) adalah model pemrosesan bahasa yang canggih yang dikembangkan oleh Google. Model ini sering digunakan untuk tugas-tugas seperti pemrosesan bahasa alami dan klasifikasi teks. Salah satu aplikasi BERT yang populer adalah dalam menjawab pertanyaan, di mana model ini dilatih untuk menjawab pertanyaan berdasarkan input text yang diberikan.

Roberta-base-squad2 adalah variasi dari model BERT yang dirancang khusus untuk tugas menjawab pertanyaan. Ini adalah versi perbaikan dari BERT yang dikembangkan oleh para peneliti di Allen Institute for Artificial Intelligence. Model ini menggunakan teknik yang disebut transfer learning, di mana model ini dilatih terlebih dahulu pada kumpulan data yang besar dan kemudian disesuaikan untuk tugas spesifik yang dihadapi. Hal ini memungkinkan model untuk mempelajari pola bahasa umum dan kemudian dengan cepat beradaptasi dengan tugas menjawab pertanyaan, sehingga memberikan peningkatan kinerja yang signifikan.

Keren, bukan? Cukup dengan hal-hal teknis. Secara sederhana, BERT, khususnya Roberta-base-squad2, adalah chatbot yang dapat Anda sesuaikan dengan data atau informasi perusahaan Anda sendiri. Kami di Bukit Vista kemudian menggunakan Roberta-base-squad2 menggunakan data kami sendiri, yang terdiri dari lebih dari 150 deskripsi listing, fasilitas, dan data properti yang terperinci.

Berikut adalah hasil dari alat yang baru kami buat, yang kami sebut OSAI (Operations Supervision Artificial Intelligence):

OSAI can answer your questions

OSAI mampu memangkas waktu yang biasanya dihabiskan oleh karyawan kami untuk mencari informasi, yang dapat berkisar dari tiga menit hingga satu jam (tergantung pada apakah informasi tersebut tersedia di listing atau tidak), menjadi kurang dari 30 detik. Luar biasa, bukan? Alasan lain mengapa kami menyukai OSAI adalah karena OSAI seperti seorang teman yang bisa Anda ajari. Jadi, ketika OSAI tidak dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh orang-orang, hal ini dikarenakan kami belum memiliki informasi tersebut di dalam database kami. Kami kemudian dapat dengan mudah menyimpan informasi yang baru ditemukan di situs web kami yang dapat diakses oleh semua orang di BV, dan voila! OSAI akan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan semacam itu di lain waktu. Jadi, bagaimana cara kerja OSAI?

Ketika pengguna memasukkan pertanyaan dan nama unit, OSAI akan mencari data unit yang spesifik, termasuk deskripsi listing, fasilitas, dan informasi properti tambahan. Informasi ini akan digunakan sebagai konteks bagi OSAI untuk menghasilkan jawaban atas pertanyaan pengguna. OSAI menggunakan arsitektur transformer untuk memproses bahasa dan memahami hubungan antar kata dalam pertanyaan (analisis semantik). Setelah memproses pertanyaan, OSAI akan mencari konteks yang diambil untuk mendapatkan jawaban terbaik untuk pertanyaan tersebut.

Apa yang mereka katakan tentang OSAI?

Rating keseluruhan: 8.17/10

Rating tersebut cukup mewakili. Secara keseluruhan, para pengguna merasa puas dengan kemampuan OSAI untuk menjawab pertanyaan dalam hitungan detik sehingga mereka tidak perlu menghabiskan lebih banyak waktu untuk mencari jawaban. Namun, masih ada satu hal yang menjadi perhatian utama, yaitu kemampuan OSAI untuk memberikan jawaban yang relevan. Masalah ini terjadi karena tidak ada data terkait yang diunggah ke database sehingga OSAI tidak dapat memberikan jawaban yang relevan. Namun, jangan khawatir, para pengembang telah menyadari masalah ini dan mereka sedang dalam proses memperbaikinya!

Berikut adalah beberapa cuplikan ulasan dari para pengguna

“Masih ada beberapa jawaban yang tidak relevan dengan pertanyaan yang diajukan, masih perlu perbaikan untuk itu, tapi secara keseluruhan sangat membantu”

“OSAI sangat membantu dalam kegiatan operasional harian tim Reservasi dan tim Hosting. Intinya, OSAI dapat menjawab pertanyaan apa pun dengan benar ketika data tersedia, memberikan karyawan BV jalan pintas untuk mendapatkan jawaban daripada mencari di mana pun termasuk menelepon pemilik properti. OSAI juga memberikan solusi untuk data yang telah direkam yang telah ditanyakan sebelumnya. Memberikan lebih banyak data ke OSAI adalah hal utama untuk meningkatkan OSAI.”

“Menurut saya masih perlu banyak perbaikan. Pertanyaan-pertanyaan saya belum terjawab dengan benar. Kita perlu memasukkan lebih banyak data ke dalam OSAI ini. Tapi saya yakin seiring berjalannya waktu, hal itu akan diperbaiki.”

Terdengar menarik bukan? Jika iya, datang dan bergabunglah bersama kami di Bukit Vista. Kami memiliki banyak hal keren untuk dicoba di sini, atau Anda bahkan dapat membuat alat Anda sendiri yang memberikan kegembiraan!

Compare listings

Compare
💬 Need help?
Scan the code