Villa Management Company

Atap Ilalang Bali: 3 Cara Ampuh Merawatnya

Atap ilalang Bali merupakan salah satu jenis atap yang terbuat dari vegetasi alami yang sering digunakan oleh pemilik properti di Bali. Tak hanya digunakan di Indonesia, atap ilalang Bali ternyata sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Masyarakat di Inggirs contohnya, mereka sudah menggunakan atap ilalang sejak 300 tahun yang lalu. 

Atap ilalang terbuat dari bahan alami seperti daun kelapa maupun rerumputan yang tinggi. Celah di setiap anyamannya memberikan ruang bagi udara untuk bisa mengalir ke ruangan. Hal inilah yang memberikan kita rasa sejuk. Selain kesejukan, tentu atap ilalang Bali ini dapat memberikan nilai estetik serta sangat ramah lingkungan.

 

 

Eits, sebelum mengetahui cara ampuh untuk merawat atap ilalang Bali ini, mari mengenal penampakan fisik dari atap unik satu ini. Selain daun kelapa dan rerumputan yang tinggi, atap ilalang Bali terbuat dari bambu serta tali yang biasanya terdiri dari 2 pilihan. Yang pertama yaitu tali ijuk berwarna hitam dan tali bambu putih kekuningan. Tali bambu digunakan untuk memberikan tampilan visual yang lebih dianggap lebih menarik dan indah sedangkan tali ijuk memiliki sifat kokoh dan tahan lama.

 

 

 

 

 

 

Atap Ilalang Bali

Lalu bagaimana cara ampuh untuk merawat atap ilalang Bali? 

Bukit Vista memberikan beberapa tips yang bisa membantumu merawat atap ilalang Bali!

  1. Bersihkan atap ilalang tiga hingga empat bulan sekali

Benar sekali! Jangan lupa untuk membersihkan atap ilalangmu agar terhindar dari kotoran maupun butiran debu. Kamu bisa membersihkannya dengan menyapu atau menyeka dan menyemprotkan cairan minimal 3 bulan sekali. 

  1. Susun ilalang dengan jarak yang rapat

Pasang atap ilalang dengan jarak 2 hingga 3 cm. Jarak pemasangan ini mempengaruhi daya tahan atap ilalang Anda. Setelah ilalang disusun dengan jarak 2 hingga 3 cm, satukan dengan menggunakan tali bambu pada kasau. Dengan menggunakan teknik yang benar dapat meningkatkan keawetan atap ilalang hingga 7 tahun. 

  1. Pengecekan teratur pada atap ilalang 

Jika tidak dirawat dengan baik, atap ilalang termasuk jenis atap yang terbilang rapuh atau mudah rusak. Kerusakan yang terjadi dapat memberikan dampak yang bersifat domino, sehingga ketika kerusakan kecil tidak diatasi dengan maka dapat memberikan dampak yang lebih besar. Lalu apa yang harus dilakukan? Anda bisa melakukan pengecekan 3 bulan sekali untuk melihat kondisi atas ilalang Anda.

Bagaimana? Apakah Anda sudah melakukan 3 cara ampuh merawat atap ilalang di atas? Yuk, mulai rawat aset propertimu salah saunya atap ilalang satu ini!

Jika Anda sedang mencari perusahaan pengelola vila di area Bali dan Jogja, Bukit Vista hadir sebagai sumber terpercaya untuk mengelola vila Anda. Pelajari layanan kami di halaman Manage My Property atau kunjungi halaman Community Expert untuk bertemu komunitas kami lebih lanjut ! Feel free to reach out!

 

Compare listings

Compare