6 Ide Desain Homestay Sederhana Yang Unik dan Instagramable

img Syelynn | January 7, 2024

Halo saya Syelynn, dengan latar belakang saya di properti manajemen dan berbicara dengan industri desain interior partner kami dan minat pribadi dalam tren perjalanan, saya memiliki wawasan yang mendalam mengenai desain homestay estetika yang menarik dan fungsional. 

Jika Anda ingin bisnis homestay Anda terlihat menonjol, namun tetap ingin terlihat sederhana, memilih konsep desain homestay sederhana yang unik merupakan cara yang tepat. Mari pelajari lanjut lebih caranya di artikel ini! 

Table of Contents

Ide Desain Homestay Sederhana dan Instagramable

Tempat penginapan seperti homestay kini lebih diminati oleh wisatawan karena harganya yang lebih murah dibandingkan hotel, villa, maupun resort. Selain harganya yang murah, banyak homestay juga kini telah memiliki fasilitas yang lengkap dan interior yang tidak kalah indah dan instagramable. 

Konsepnya yang unik dan indah akan semakin membuat tamu betah dan berfoto di spot-spot menarik di homestay Anda. Memiliki konsep yang bagus juga berpeluang untuk tamu memasukkan bisnis homestay Anda sebagai salah satu rekomendasi. Selain memilih konsep dan desain homestay sederhana yang pas untuk properti Anda, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. 

Baca juga: 8 Langkah Mudah Mengubah Rumah Anda Menjadi Bisnis Homestay Yang Menjanjikan

1. Konsep Desain Homestay Minimalis

minimalist home as a bali villa design ideas
Konsep desain villa minimalis banyak diminati karena tampilannya yang simpel, modern, dan bersih. Foto oleh Bukit Vista

Salah satu desain homestay sederhana yang bisa Anda pilih adalah konsep desain homestay minimalis. Desain homestay minimalis dan modern kini banyak diminati oleh banyak orang, karena tatanannya yang simple, modern, dan terlihat bersih.

Konsep desain homestay minimalis memiliki kelebihan tersendiri. Untuk menciptakan desain homestay minimalis, Anda tidak perlu membuat desain interior yang ribet dan memiliki banyak dekorasi. Karena pada dasarnya, desain minimalis hanya memprioritaskan kesederhanaan dalam segi fungsi dan bentuk. 

Namun untuk menambah kesan estetika pada desain homestay minimalis, Anda dapat menambahkan kombinasi bahan yang menarik, seperti kayu, bebatuan, ataupun kaca yang bisa memberikan tekstur dan karakter yang unik pada homestay Anda. 

2. Konsep Desain Homestay Gaya Eropa

Modern_European_House_Interior
Konsep desain villa bergaya Eropa menampilkan kesan elegan, klasik, dan unik. Foto oleh onekinddesign.com

Jika Anda ingin konsep desain homestay yang klasik, modern dan terlihat mewah, konsep homestay gaya eropa bisa menjadi pilihan Anda. Desain homestay gaya Eropa tentu memiliki keunikannya sendiri, karena menggabungakan pengaruh dan gaya arsitektur dari negara-negara di Eropa, seperti Italia, Prancis, Inggris, dan Spanyol. 

Desain homestay gaya Eropa banyak diminati banyak orang karena tampilannya yang klasik, elegan dan estetik. Bentuk bangunan gaya Eropa biasa memiliki karakteristik yang beragam, serta detail ornamen yang unik. Inilah yang membuat gaya desain eropa menjadi instagramable di mata wisatawan. 

Dengan memilih desain gaya eropa, Anda akan memiliki banyak spot menarik dan Instagramable di homestay Anda. Hal ini bisa menjadi poin kelebihan dari homestay Anda dan membuatnya lebih menonjol. 

3. Konsep Desain Rumah Etnik

ethnic home style as a bali villa design ideas
Kesan kuno dan suasana lokal menjadi keunikan vila bergaya etnik ini. Foto oleh Bukit Vista

Homestay dengan desain rumah etnik paling banyak dijumpai di Indonesia. Indonesia memiliki beragam rumah etnik yang berdasarkan suku dan budaya di setiap daerahnya. Rumah gaya etnik tidak pernah lekang oleh zaman karena memiliki keunikannya tersendiri. 

Walau terlihat kuno dan sederhana, disilah letak poin kelebihan dari rumah gaya etnik. Banyak wisatawan  menggemari rumah gaya seperti ini karena memiliki kesan pengalaman menginap yang berbeda dibandingkan di tempat lainnya. Menginap di rumah gaya etnik akan memberikan kesan suasana lokal yang kental bagi tamu. Jika Anda memiliki rumah bergaya etnik, Anda berpeluang untuk mengubah rumah Anda dengan mudah. Anda hanya perlu menambahkan dekorasi yang berciri khas dan berkarakter untuk semakin menambah kesan estetika di homestay Anda. 

4. Konsep Desain Farmhouse

farmhouse as a bali villa design ideas
Villa bergaya farmhouse memberikan suasana pedesaan yang tenang, nyaman, dan sejuk bagi para tamu. Foto oleh Bukit Vista

Jika Anda ingin memprioritaskan suasana ketenangan, kenyamanan, dan kesederhanaan di homestay Anda, konsep desain farmhouse adalah pilihan yang pas! Farmhouse adalah gaya rumah yang fokus pada konsep rumah di pedesaan. Walaupun fokus pada suasana pedesaan, Anda juga bisa menciptakan gaya rumah seperti ini di perkotaan. 

Untuk menciptakan homestay bergaya farmhouse, Anda bisa mengombinasikan warna-warna coklat, krem, putih, kuning muda, merah bata, oranye, hingga biru tua. Warna-warna tersebut memberikan kesan rumah yang tenang, hangat, dan tentunya nyaman. 

Anda juga bisa menambahkan furniture dan dekorasi lainnya yang dapat menambahkan sedikit kesan modern pada homestay Anda. Walau mengutamakan kesederhanaan, menambah unsur modern akan memberikan keunikan dan estetika yang semakin menarik pada homestay Anda. 

5. Konsep Desain Rumah Industrial

industrial home as a bali villa design ideas
Kesan edgy dan kohesif menjadi highlight dari vila bergaya industrial ini. Foto oleh unikavaev.com

Konsep homestay yang satu ini merupakan konsep yang paling berbeda dibandingkan konsep lainnya. Yang membedakan konsep ini dibandingkan dari yang lainnya adalah dari segi elemen-elemen bangunannya yang memamerkan tampilan unfinished atau bangunan yang selesai dipoles.

Konsep industrial ini memberikan kesan yang sangat edgy dan kohesif. Inilah yang menjadi poin keunikan dari konsep industrial. Konsep bangunan seperti ini semakin diminati oleh banyak orang yang menyukai gaya minimalis dan ingin menampilkan suatu gaya yang berbeda. 

Untuk menciptakan homestay bergaya industrial, Anda dapat mengombinasikan material maupun furniture  yang berbahan dasar metal, paduan warna emas dan tembaga, dinding bata ekspos, berlantai semen, beton ataupun terakota yang menguatkan kesan unfinished, yang merupakan ciri khas dari konsep industrial. 

Konsep industrial pada awalnya jarang dipakai untuk bangunan residensial dan lebih umum untuk digunakan di cafe-cafe atau restoran. Namun kini sudah banyak perumahan atau penginapan yang menggunakan konsep karena semakin banyak orang yang memiliki ketertarikan pada konsep rumah bergaya industrial. 

6. Konsep Desain Rumah Modern dan Futuristik

modern and futuristic ethnic home style as a bali villa design ideas
Desain villa yang futuristik mengedepankan kesan modern seperti masa depan. Foto oleh lookboxliving.com.sg

Salah satu konsep modern lainnya yang bisa Anda pilih adalah konsep desain modern dan futuristik. Konsep desain modern dan futuristik adalah gaya yang memberikan sentuhan masa depan yang nyentrik dan unik. Konsep desain futuristik biasanya menampilkan gaya bangunan yang tidak lazim, seperti kotak atau bulat, hingga berbentuk tidak beraturan. Hal inilah yang menjadi poin keunikan dan kelebihan dari gaya desain modern dan futuristik.

Untuk menciptakan homestay dengan konsep desain modern dan futuristik, Anda bisa menggunakan furniture yang berbentuk unik dan berbeda. Mulai dari pemilihan kursi, sofa, meja, tempat tidur dan furniture lainnya. Selain itu, Anda juga bisa mengombinasikan warna putih, kuning atau silver sebagai warna dinding sebagai salah satu cara sederhan untuk memberikan kesan desain ala futuristik bagi homestay Anda. Warna putih juga akan memberikan kesan yang elegan dan luas pada ruangan. 

Kesimpulan

Memilih konsep desain yang unik penting untuk mendatangkan tamu ke homestay Anda. Walaupun ingin menampilkan kesan sederhana, Anda tetap bisa memadukan konsep lainnya untuk homestay Anda. Namun hal lain yang perlu Anda perhatikan juga adalah perawatan yang sesuai dengan properti Anda. 

Jika Anda khawatir akan menemukan jasa perawatan yang tidak sesuai dengan properti Anda, Bukit Vista bisa membantu Anda. Bukit Vista menyediakan jasa perawatan properti yang disesuaikan dengan keunikan properti Anda. Dapatkan konsultasi pribadi untuk melihat apakah layanan villa management services kami tepat untuk Anda.

Compare listings

Compare

Book Your FREE Consultation!

💬 Need help?
Scan the code