Apakah saya membayar terlalu banyak biaya manajemen properti?

img Adiel Ananda | November 9, 2022

Biaya pengelolaan properti di Bali dan sekitarnya

Saat memiliki properti sewaan, mengelola biaya dan biaya bisa sangat rumit untuk memastikan Anda mendapatkan keuntungan dan pendapatan yang optimal. Namun tidak perlu khawatir, kami di Bukit Vista telah memperoleh pengalaman lebih dari 10 tahun sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang biaya yang harus dibayar dan memastikan pengembalian investasi yang cukup besar untuk properti Anda. Selain itu, dengan pengalaman kami bekerja di OTA yang berbeda seperti Airbnb dan booking.com, kami mengetahui secara langsung biaya dalam mengelola properti sewaan khususnya di Bali dan Yogyakarta. Tapi sebelum itu, apa yang dilakukan manajer properti dan bagaimana mereka dibayar?

Bagaimana manajer properti menghasilkan uang?​

Model bisnis manajer properti atau perusahaan biasanya menawarkan layanan keuangan, hukum, dan pemeliharaan atau mengelola properti pemilik dengan imbalan biaya manajemen. Tanggung jawab manajer properti biasanya mencakup pemesanan sewa baru, mengumpulkan sewa, pemeliharaan, dan perbaikan, serta memasarkan properti pemilik.

Beberapa manajer properti mungkin mengenakan biaya berdasarkan persentase dari sewa yang dikumpulkan yang diterima dari 8-20% tergantung pada properti atau biaya bulanan tetap. Biaya lain juga dapat mencakup biaya pengaturan awal seperti biaya pendaftaran dan aplikasi. Biaya pemeliharaan termasuk layanan pembersihan dan perbaikan properti juga biasanya disertakan.

Jadi, jika Anda memiliki properti dan ingin menghemat waktu dan mengurangi sakit kepala, manajer properti sangat membantu karena mereka mengelola properti dan menangani masalah tamu atas nama pemilik dengan menanggapi tamu dengan segera dan menangani operasi harian properti yang sedang berlangsung.

girl-office-guest-support
Layanan Manajemen Villa Bali - Layanan Dukungan Tamu Online

Property management fees in Bali

Sebagian besar waktu, biaya manajemen properti di Bali menerapkan persentase berdasarkan komisi berdasarkan pendapatan reservasi yang dikumpulkan dari properti dengan beberapa biaya tambahan. Di Bukit Vista, kami menggunakan model bagi hasil, sehingga pemilik properti tidak memiliki biaya manajemen tetap.

Misalkan seorang tamu memesan kamar senilai Rp1.000.000 atau nilai reservasi. Manajer properti kemudian akan menerima 20% dari nilai reservasi atau Rp. 200.000 untuk layanan yang mereka berikan, dan sisanya (Rp.800.000) kemudian akan diterima oleh pemilik properti.

Laporan keuangan BV GO

Seperti yang Anda lihat, model ini mendorong kolaborasi yang saling menguntungkan dan transparan antara pemilik properti dan manajer properti karena semakin tinggi reservasi yang mereka terima, semakin tinggi pula pendapatan yang akan mereka peroleh. Selain itu, dengan menampilkan jumlah yang diterima masing-masing pihak pada pendapatan reservasi, ini memungkinkan proses yang lebih transparan, karena aplikasi Bukit Vista – BVGO dapat menampilkan dan melacak detail pendapatan secara real time sehingga tidak ada biaya tersembunyi.

Siapa yang membayar biayanya?

Tergantung pada manajer properti dan kontrak yang ditandatangani, biasanya biaya pemeliharaan, perbaikan, dan persediaan diserahkan kepada manajer properti dengan syarat pemilik properti mengikuti beberapa persyaratan. Namun, beberapa manajer properti mungkin meminta pemilik properti menanggung sendiri area ini. Jadi, sebaiknya kerjakan pekerjaan rumah Anda terlebih dahulu saat memilih manajer properti dan detail biayanya.

Selain biaya pengelolaan properti, kewajiban pajak juga menjadi salah satu fokus utama saat menyewa properti di Indonesia. Berikut adalah beberapa rincian pajak properti di Bali, Indonesia.

  • Pendapatan Sewa atau Pajak Sewa dipungut sebesar 10% dari Nilai Sewa untuk wajib pajak penduduk di Indonesia. Untuk Penduduk Bukan Pajak Pajak Sewa yang terutang adalah 20% dari Nilai Sewa.
  • Pajak Bumi dan Bangunan dikenakan berdasarkan 0,1% dari nilai jual untuk properti yang bernilai kurang dari Rp 1 miliar atau 0,2% dari properti yang bernilai di atas ini. Nilai jual barang (NJOPKP) ditetapkan oleh kantor pendapatan daerah
  • Bea pindah Tanah dan Bangunan dipungut sebesar 5% dan harus dibayar oleh Pembeli. Pajak umumnya dihitung berdasarkan nilai transaksi atau nilai yang dinilai – mana yang lebih tinggi.
 
Selain ini, praktik yang baik juga dapat menghubungi konsultan dan pakar pajak sebelum Anda mulai menyewa properti Anda. Jadi, perhatikan baik-baik legalitas dan aturan saat menyewa properti Anda.

 

Bagaimana cara kerja biaya di Bukit Vista? ​

Jika Anda masih tidak yakin dengan biaya dan biaya atau apakah mempekerjakan manajer properti sepadan. Biaya manajemen tetap nol kami memastikan bahwa kami hanya menghasilkan uang ketika Anda menghasilkan uang.

Sementara perusahaan lain mungkin membebankan biaya tetap terlepas dari berapa banyak pendapatan yang mereka hasilkan untuk Anda. Penetapan harga Bukit Vista, menerapkan model bagi hasil sehingga pemilik properti dan manajer properti berada dalam tim yang sama dan mendorong pertumbuhan bersama.

Jadi, jika Anda tertarik dengan cara yang bebas repot dan transparan untuk membiarkan seseorang mengelola properti Anda, kami di sini untuk membantu semua kebutuhan Anda dan mengubah properti sewaan Anda menjadi mesin penghasil uang

Compare listings

Compare
Send Us Inquiry
1
Booking Inquiries
Scan the code
Hello 👋🏻,
How can we help you? 🙏🏼
Share via
Copy link
Powered by Social Snap