Cara Mengatasi Kolam Renang Guest House Bocor Paling Efektif

img Syelynn | March 25, 2024

Kolam renang bocor merupakan salah satu permasalahan bagi sebagian pemilik properti sehingga diperlukan perawatan kolam renang dan perbaikan yang tepat. Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mendeteksi sumber dan kondisi Kebocoran pada kolam sehingga anda mampu menetukan cara mengatasi kolam renang bocor yang efektif. Ini dapat dengan mudah dideteksi dengan memantau penurunan debit air serta kondisi kolam. Penurunan debit air secara berkala dan munculnya serpihan tanah atau noda hitam dari diding keramik mengindikasikan kolam renang yang bocor. 

Secara umum, kolam renang bocor dapat disebakan oleh berbagai hal, salah satunya ialah proses pelapisan  atau pembangunan pondasi awal yang kurang baik. Pada kolam renang yang menggunakan keramik sebagai dasar dan dinding kolam, Anda perlu memperhatikan proses pengenatan keramik. Pengenatan keramik merupakan sebuah proses pengisian celah antar keramik dengan menggunakan nat (mortar instan). Hal ini bertujuan untuk mencegah air yang merembes ataupun serangga kecil masuk. 

Kebocoran kolam renang juga bisa disebabkan karena sistem pemasangan dan sambungan pipa. Dalam kasus ini, Anda memerlukan bantuan profesional guna mengatasinya dikarenakan posisi pipa yang tertanam di bawah tanah. Selanjutnya, penyebab kebocoran kolam renang yang ketiga ialah pompa dan balancing tank yang rusak. 

3 Cara Mengatasi Kolam Renang Bocor

Dalam mengatasi kebocoran kolam renang, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan. Bukit Vista telah merangkum beberapa cara mengatasai kolam renang bocor yang efektif. Yuk simak tipsnya di bawah ini!

  1. Dengan melakukan injeksi

Salah satu cara untuk mengatasi kolam renang yang bocor adalah dengan metode injeksi. Injeksi merupakan proses menyuntikkan atau memasukkan pasta ke celah dasar atau dinding lantai kolam renang. Dalam metode ini, Anda tidak perlu menguras kolam renang anda. Kabar baiknya, metode ini dapat dilakukan pada kolam renang yang terletak di rooftop atau lantai atas bangunan.

cara mengatasi kolam renang bocor

      2. Mengubah Nat Keramik

Metode ini dapat dilakukan pada kasus kebocoran kolam renang yang sedang. Dalam hal ini tidak terlalu parah. Mengganti nat keramik lama dengan nat keramik baru merupakan cara mengatasi kolam renang bocor yang efisien. Kendati demikian, terdapat satu hal yang perlu diperhatikan yaitu  metode ini bukan merupakan solusi jangka panjang. Hal ini disebabkan karena Anda tetap menggunakan keramik yang lama dan hanya mengandalkan nat yang baru. 

Proses penggantian nat keramik tergolong cukup mudah. Dapat diawali dengan mengosongkan kolam terlebih dahulu lalu mengupas nat yang lama dengan menggunakan sikat kawat atau bantuan mesih gerinda kecil. Selanjutnya pasang nat keramik, tunggu beberapa saat hingga nat mengering yang kemudian dilanjutkan dengan membersihkan permukaan keramik.

      3. Mengganti dan Membongkar Cor

Cara mengatasi kolam renang bocor yang ketiga ialah dengan mengganti dan membongkar cor, keramik, dan nat keramik. Metode ini dilakukan pada kasus kebocoran parah dan juga saat Anda tidak mengetahui sumber kebocoran kolam renang. Tentu, dalam hal ini biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Jika dibandingkan dengan kedua metode di atas, metode inilah yang akan merogoh kantong Anda dikarenakan prosesnya hampir sama seperti pembangunan kolam renang di awal.  Kendati demikian, hasil dari penggantian dan pembongkaran cor ini lebih baik, dikarenakan kondisi kolam renang yang direnovsi layaknya seperti kolam renang yang baru.

Bagaimana, apakah Anda telah memperoleh pemahaman yang jelas tentang cara mengatasi kolam renang bocor secara efektif? Jangan tunda lagi, inilah saatnya untuk memulai pemantauan intensif terhadap aset properti Anda. Dengan menerapkan langkah-langkah perawatan kolam renang yang tepat, Anda tidak hanya dapat mengatasi masalah kebocoran, tapi juga meningkatkan umur panjang dan estetika kolam renang. Ini merupakan langkah proaktif dalam menjaga nilai dan kenyamanan properti Anda. Yuk, ambil langkah pertama sekarang juga untuk memastikan kolam renang Anda selalu dalam kondisi prima dan siap menyambut tamu atau penghuni villa.

Jika Anda sedang mencari perusahaan pengelola vila di area Bali dan Jogja, Bukit Vista hadir sebagai sumber terpercaya untuk mengelola vila Anda. Pelajari layanan kami di Delightful Operation Page atau kunjungi halaman Community Expert untuk bertemu komunitas kami lebih lanjut ! Feel free to reach out!

Compare listings

Compare

Book Your FREE Consultation!

💬 Need help?
Scan the code