Cara mengatasi kolam renang bocor

Cara Mengatasi Kolam Renang Bocor Paling Efektif

Kolam renang bocor merupakan salah satu permasalahan bagi sebagian pemilik properti. Kebocoran ini dapat dengan mudah dideteksi dengan memantau penurunan debit air serta kondisi kolam. Penurunan debit air secara berkala dan munculnya serpihan tanah atau noda hitam dari diding keramik mengindikasikan kolam renang yang bocor. Dengan mengetahui sumber dan kondisi kebocoran pada kolam, Anda mampu menetukan cara mengatasi kolam renang bocor yang efektif.

Secara umum, kolam renang bocor dapat disebakan oleh berbagai sebab, salah satunya ialah proses pelapisan  atau pembangunan pondasi awal yang kurang baik. Pada kolam renang yang menggunakan keramik sebagai dasar dan dinding kolam, Anda perlu memperhatikan proses pengenatan keramik. Pengenatan keramik merupakan sebuah proses pengisian celah antar keramik dengan mengguunakan nat (mortar instan). Hal ini bertujuan untuk mencegah air yang merembes ataupun serangga kecil masuk. 

Kebocoran kolam renang juga bisa disebabkan karena sistem pemasangan dan sambungan pipa. Dalam kasus ini, Anda memerlukan bantuan profesional guna mengatasinya dikarenakan posisi pipa yang tertanam di bawah tanah. Selanjutnya, penyebab kebocoran kolam renang yang ketiga ialah pompa dan balancing tank yang rusak. 

Dalam mengatasi kebocoran kolam renang, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan.
Bukit Vista telah merangkum beberapa cara mengatasai kolam renang bocor yang efektif. Yuk simak tipsnya di bawah ini!

  1. Dengan melakukan injeksi

Salah satu cara untuk mengatasi kolam renang yang bocor adalah dengan metode injeksi. Injeksi merupakan proses menyuntikkan atau memasukkan pasta ke celah dasar atau dinding lantai kolam renang. Dalam metode ini, Anda tidak perlu menguras kolam renang anda. Kabar baiknya, metode ini dapat dilakukan pada kolam renang yang terletak di rooftop atau lantai atas bangunan.

Kolam renang bocor

  1. Mengubah Nat Keramik

Metode ini dapat dilakukan pada kasus kebocoran kolam renang yang sedang. Dalam hal ini tidak terlalu parah. Mengganti nat keramik lama dengan nat keramik baru merupakan cara mengatasi kolam renang bocor yang efisien. Kendati demikian, terdapat satu hal yang perlu diperhatikan yaitu  metode ini bukan merupakan solusi jangka panjang. Hal ini disebabkan karena Anda tetap menggunakan keramik yang lama dan hanya mengandalkan nat yang baru. 

Proses penggantian nat keramik tergolong cukup mudah. Dapat diawali dengan mengosongkan kolam terlebih dahulu lalu mengupas nat yang lama dengan menggunakan sikat kawat atau bantuan mesih gerinda kecil. Selanjutnya pasang nat keramik, tunggu beberapa saat hingga nat mengering yang kemudian dilanjutkan dengan membersihkan permukaan keramik.

  1. Mengganti dan Membongkar Cor

Cara mengatasi kolam renang bocor yang ketiga ialah dengan mengganti dan membongkar cor, keramik, dan nat keramik. Metode ini dilakukan pada kasus kebocoran parah dan juga saat Anda tidak mengetahui sumber kebocoran kolam renang. Tentu, dalam hal ini biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Jika dibandingkan dengan kedua metode di atas, metode inilah yang akan merogoh kantong Anda dikarenakan prosesnya hampir sama seperti pembangunan kolam renang di awal.  Kendati demikian, hasil dari penggantian dan pembongkaran cor ini lebih baik, dikarenakan kondisi kolam renang yang direnovsi layaknya seperti kolam renang yang baru.

Bagaimana? Apakah Anda sudah memahami cara mengatasi kolam renang bocor yang efektif? Yuk, mulai pantau aset properti Anda diawali dengan kolam renang di villa Anda.

Jika Anda sedang mencari perusahaan pengelola vila di area Bali dan Jogja, Bukit Vista hadir sebagai sumber terpercaya untuk mengelola vila Anda. Pelajari layanan kami di Manage My Property page atau kunjungi halaman Community Expert untuk bertemu komunitas kami lebih lanjut ! Feel free to reach out!

Compare listings

Compare