Cara Meningkatkan Average Daily Rate (ADR) Properti Anda di Bali

img | February 27, 2023

Halo, Adiel di sini. Saya memperoleh pengetahuan yang luas mengenai industri manajemen properti saat bekerja di Bukit Vista, pengelola properti terkemuka di Bali. Selama saya di sini, saya memperoleh pengetahuan mendalam mengenai bagaimana fungsi pengelola properti dan metode yang digunakan untuk memastikan kesuksesan dalam bisnis penyewaan properti, salah satunya dengan cara meningkatkan Average Daily Rate atau Tarif Harian Rata -rata.

Bali merupakan destinasi wisata yang terkenal di kalangan traveller di seluruh dunia, dan bisnis penyewaan properti dapat menjadi salah satu cara yang bagus untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Namun untuk meningkatkan penghasilan anda, penting untuk properti sewaan anda memiliki Tarif Harian Rata -rata atau Average Daily Rate (ADR) yang tinggi.

Sebagai seorang marketer di Bukit Vista yang telah memiliki pengalaman mengelola properti lebih dari 140 properti di Bali, saya sangat mengerti bahwa Average Daily Rate merupakan salah satu indikator utama untuk mengukur kinerja operasional dari sebuah properti yang disewakan. Namun, mengapa hal tersebut menjadi penting dan bagaimana meningkatkannya?

Apa itu Average Daily Rate (ADR)

Average Daily Rate (ADR) atau Tarif Harian Rata-rata merupakan indikator yang paling umum digunakan dalam industri hospitality yang merepresentasikan pendapatkan yang dihasilkan dari tiap okupansi kamar dalam satu hari. Singkatnya, ADR menggambarkan rata-rata pendapatan yang dihasilkan tiap kamar yang terjual.

ADR yang lebih tinggi lebih diinginkan karena menunjukkan bahwa properti yang kita sewakan mampu menghasilkan lebih banyak uang dari penyewaan kamar

Cara menghitung Average Daily Rate

Average Daily Rate = Penghasilan dari kamar yang disewakan / Jumlah kamar yang terjual

Contoh: Jika sebuah properti memiliki penghasilan sebesar $1,000 dari kamar yang disewakan dan terdapat 10 kamar yang terjual, maka ADRnya sebesar $100 ($1,000/10). Kamar yang digunakan untuk keperluan pribadi, seperti kamar yang dikhususkan untuk karyawan hotel dan kamar gratis, tidak termasuk dalam hitungan.

property market analysis
Source: freepik.com

Bagaimana cara anda meningkatkan Aaverage Daily Rate?

Industri pariwisata terus berkembang dan selalu kompetitif, oleh karena itu anda harus selalu aktif dalam mencari cara baru untuk meningkatkan tingkat hunian kamar anda. Hal ini dapat diraih dengan terus meningkatkan berbagai aspek dalam bisnis anda. Berikut enam strategi untuk meningkatkan Average Daily Rate dan membantu bisnis properti anda semakin meningkat:

  1. Optimalkan daftar properti anda: Pastikan daftar properti anda akurat dan terkini, dengan foto berkualitas tinggi dan deskripsi properti yang detail. Hal ini akan menarik tamu yang rela membayar dengan harga lebih tinggi.

  2. Tetapkan harga yang tepat: Cari tahu properti serupa di sekitar properti anda dan tetapkan harga yang sesuai. Pastikan harga tersebut kompetitif namun masih menguntungkan bagi anda.

     

  3. Selalu tingkatkan properti anda: Investasikan dalam peningkatan dan renovasi agar properti anda lebih menarik bagi tamu. Hal ini dapat berupa furnitur baru, peralatan baru, dan kolam renang atau bahkan spa.

     

  4. Tawarkan layanan tambahan: Berikan kepada tamu fasilitas tambahan, seperti transportasi bandara, housekeeping harian, atau bahkan koki pribadi. Jasa atau layanan tambahan ini dapat meningkatkan ADR anda.

     

  5. Manfaatkan peak season: Anda harus selalu memantau peak season dan sesuaikan harganya. Selama jangka waktu ini, anda dapat menaikkan harga dari properti anda.

     

  6. Manfaatkan Online Travel Agencies (OTA): Dengan mengiklankan properti anda di OTA populer seperti Airbnb, Booking.com, dan Expedia, anda dapat menjangkau calon konsumen yang lebih besar dan hal ini berpotensi untuk meningkatkan ADR anda.
Bukit Vista team doing revenue projection for managed properties
Bukit Vista menawarkan strategi harga dinamis untuk meningkatkan ADR
Setelah anda membaca ulasan kami di atas, meningkatkan ADR bukanlah perkara mudah. Jika anda ingin meningkatkan ADR anda tanpa ribet, hubungi kami.
Bukit Vista dapat membantu anda meningkatkan Average Daily Rate (ADR) untuk rental properti anda di bali dengan melakukan strategi harga dinamis untuk menyesuaikan harga dan memastikan properti memiliki harga yang kompetitif. Kami juga selalu melakukan optimasi agar properti tampil lebih menarik dalam Online Travel Agent (OTA) seperti Airbnb dan Booking.com dengan cara membuat foto dan deskripsi secara profesional.

Compare listings

Compare
💬 Need help?
Scan the code