magang di bukit vista

Life At Bukit Vista: 5 Pelajaran Penting Maria Selama Magang di Tim Hospitality Air Support and Reservation

img Feby Sumadewi | October 29, 2022
magang di bukit vista

Latar Belakang

Maria Imanuel Prawoto atau biasa disapa Maria merupakan salah satu pemagang di Hospitality Air Support and Reservation di Bukit Vista. Ia adalah mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Inggris di Universitas Diponegoro. 

Dia mengikuti program magang Bukit Vista selama 3 bulan dan selama perjalanan magangnya, dia belajar banyak pelajaran sebagai magang HAR.

Bergabung dengan Bukit VIsta, sebagai salah satu perusahaan di bidang perhotelan dan properti telah menjadi impian Maria. Bekerja bertemu dengan banyak orang dan berkontribusi untuk memberikan layanan terbaik adalah sesuatu yang membuat bersemangat.

Ini karena senyum dan tawa mereka juga membuat bahagia dan merupakan hadiah yang tak tergantikan. Rasa kepuasan dalam memberikan kebahagiaan kepada orang lain inilah yang memotivasi Maria untuk terjun ke bidang travel dan perhotelan.

Apa itu Tim Hospitality Air Support and Reservation?

Tim Hospitality Air Support and Reservation adalah sebuah tim di Bukit Vista yang bertugas menangani reservasi tamu ke mitra properti. Terdapat lebih dari 206 properti yang telah bekerja sama dengan Bukit Vista untuk memberikan pelayanan perhotelan terbaik yang tersebar di wilayah Bali dan Jogja.

Sebagai garda terdepan di perusahaan, mereka bertanggung jawab untuk menerima pertanyaan tamu, memberikan informasi, mengatur reservasi tamu dengan mitra properti, menangani keluhan tamu, menerima biaya pemesanan, dan lain-lain yang terkait dengan pelayanan servis Bukit Vista. 

Staf HAR harus selalu siap dan merespons dengan cepat ketika berhadapan dengan berbagai jenis orang. Jika sebaliknya, maka akan muncul suatu masalah, seperti tamu yang tidak puas, tamu yang tidak lagi tertarik, dan masalah lain yang terkait dengan kepuasan tamu.

Maka dari itu, untuk bergabung dengan tim HAR, kamu harus memiliki kemampuan yang kompeten dan profesional. Mau tahu, kemampuan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang tim reservasi dan hosting, yuk baca lebih lanjut di bawah.

Pelajaran Penting Sebagai Hospitality Air Support and Reservation

1. Persuasi dan Negosiasi

Keterampilan persuasif dan negosiasi adalah keterampilan penting yang harus dimiliki. Meskipun kita memiliki properti yang bagus dan menarik minat banyak tamu, tanpa kemampuan komunikasi yang persuasif, tentunya kita bisa kalah dengan kompetitor lain.

Sejak bergabung dengan tim HAR di Bukit Vista, Maria belajar mengasah kemampuan negosiasi dan persuasifnya saat menangani tamu. Setiap kali ada pertanyaan, keterampilan persuasi dan negosiasi diperlukan untuk menarik tamu menginap di properti mitra Bukit Vista.

2. Komunikasi dan Kerjasama Tim

Komunikasi dan kerjasama tim merupakan dua kemampuan yang menjadi kunci dalam meningkatkan kualitas kinerja dalam tim. Selama magang di Bukit Vista, Maria meningkatkan keterampilan komunikasi dan kerja tim timnya melalui synchronize meeting dengan rekan satu timnya.

Maria juga belajar mengasah kerjasama yang baik dengan saling membantu menangani kasus di antara rekan satu timnya. Hal ini sesuai dengan core value Bukit Vista yaitu “help others to help yourself” yang ia terapkan selama magang di Bukit Vista.

Berkat komunikasinya yang baik, Maria juga mampu menyampaikan ide dengan baik bersama timnya. Ide-ide yang dikembangkan bersama timnya bisa menjadi bahan perbaikan untuk menghasilkan inovasi-inovasi baru di timnya. Oleh karena itu membangun komunikasi dan kerjasama yang baik sangat penting dalam meningkatkan prestasi kerja kita di lingkungan kerja.

3. Problem Solving

Ketika Maria mengalami beberapa masalah, seperti kewalahan dengan overbooking, misinformasi, atau keluhan tamu, Maria belajar untuk menanganinya dengan baik. Maria belajar bagaimana menangani tamu dengan komunikasi yang baik dan pemikiran strategis. Dia juga mendapat bantuan dengan timnya, sehingga kasus apa pun akan segera diselesaikan dan tepat.

4. Jadilah Cepat Gagal

Bagi Maria, magang di Bukit Vista menjadi tempat yang aman baginya untuk membuat kesalahan dan cepat belajar darinya. Sebagai pemagang, Maria diharapkan untuk melihat kesalahan sebagai peluang baru untuk meningkatkan kinerja kita daripada melihatnya sebagai kegagalan.

Kesalahan juga dapat memberi kita kesempatan untuk mengembangkan inovasi baru untuk menghindari pengulangan kesalahan ini. Alhasil, salah satu nilai inti Bukit Vista yang selalu diterapkan di tempat kerja adalah “cepat gagal”.

5. Pentingnya Detail

Maria belajar untuk memperhatikan detail dalam semua pekerjaannya selama bekerja di tim HAR di Bukit Vista. Perhatian Maria terhadap detail memungkinkan dia untuk menyampaikan informasi dengan benar, menghindari miskomunikasi, dan mengelola reservasi tamu tanpa kesalahan.

Kesimpulan

Maria telah belajar banyak dari pengalamannya di tim HAR. Dimulai dengan keterampilan negosiasi dan persuasif, beralih ke kerjasama dan komunikasi, pemecahan masalah ketika masalah muncul, belajar cepat dari kesalahan, dan memperhatikan detail dalam setiap pekerjaan.

Bukit Vista telah membantu Maria secara signifikan mengembangkan dirinya dan kemampuannya. Dimana ilmu yang didapat nantinya akan menjadi jembatan yang baik baginya untuk mewujudkan mimpinya bekerja di industri travel dan perhotelan.

Mau juga berbagi pengalaman dan pelajaran yang Maria dapatkan selama magang di Bukit Vista, yuk ikutan Internship Program Bukit Vista sekarang juga! Ada banyak peluang yang tersedia bagi siswa dari berbagai jurusan. Pelajari lebih lanjut DI SINI dan daftar sekarang.

 

Compare listings

Compare
Send Us Inquiry
1
Booking Inquiries
Scan the code
Hello 👋🏻,
How can we help you? 🙏🏼
Share via
Copy link
Powered by Social Snap