10+ Contoh Konten Instagram Menarik Untuk Villa, Resort, dan Guest House

img Feby Sumadewi | May 11, 2022
contoh ide konten instagram menarik untuk hotel, properti, villa dan guesthouse
Contoh ide konten menarik instagram untuk promosi villa, resort, atau guest house. Photo by Jeremy Levin

Lagi cari ide konten instagram menarik untuk akun instagram bisnis propertimu? Kalau iya, artikel ini pas untuk kamu! Disini, Bukit Vista akan membagikan  contoh-contoh konten instagram menarik yang bisa kamu gunakan di akun bisnis propertimu untuk menarik minat customer. Sebelum membuat konten yang menarik, kamu harus paham tentang bagaimana cara membuat konten dan strategi untuk menjangkau lebih banyak audiens. Semakin banyak audiens yang bisa kamu jangkau, maka semakin banyak audiens yang akan mengenal bisnis propertimu. Mau tahu bagaimana cara membuat konten instagram menarik? Yuk, simak artikel di bawah

Mengapa Membuat Konten Instagram?

konten instagram menarik berpeluang untuk menjangkau audiens lebih luas
Membuat konten menarik di Instagram berpeluang untuk menjangkau audiens lebih luas. Photo by Pixabay.

Menurut riset Statista, Instagram memiliki 1,472 juta pengguna aktif di seluruh dunia per Januari 2022. Instagram berada di urutan ke-4 sebagai sosial media yang paling banyak digunakan.

Melihat angka yang cukup besar ini, kita dapat melihat jelas bahwa seberapa bagus dan menarik properti yang kamu miliki, sosial media adalah dimana calon pelanggan kamu berada. Sosial media menawarkan peluang yang sangat besar untuk kamu menarik calon tamu lebih luas. Semakin luas orang yang bisa kamu capai, maka semakin banyak orang yang mengetahui dan kemungkinan tertarik dengan bisnis propertimu. 

Tentu, untuk menarik banyak perhatian tamu terhadap bisnis propertimu, kamu harus membuat konten yang menarik di Instagram. Membuat konten instagram yang menarik akan memberikan banyak manfaat kepada bisnis propertimu, seperti berikut: 

  • Meningkatkan kepercayaan tamu terhadap bisnis propertimu,
  • Memberi value lebih,
  • Menjangkau target market yang lebih luas
  • Memudahkan tamu dalam menemukan bisnis propertimu.
  • Meningkatkan angka booking atau pendapatan bisnis propertimu,

Banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kamu dapat menggunakan Instagram sebagai channel mempromosikan bisnis propertimu. Bukit Vista selalu menggunakan media sosial seperti Instagram untuk mempromosikan bisnis properti partner dalam menjangkau tamu yang lebih luas dan meningkatkan okupansi. Maka, tidak perlu diragukan bahwa Instagram adalah channel yang pas yang bisa kamu coba untuk mempromosikan bisnis propertimu. 

Namun, sebelum kamu menghabiskan energi dan memikirkan ide untuk konten instagram bisnis propertimu, berikut tips Bukit Vista yang bisa membantumu dalam membuat konten instagram menarik. 

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat konten Instagram yang Menarik

1. Pikirkan Konsep Konten Instagram Bisnis Yang Tepat

tentukanlah konsep akun bisnis instagram mu sebelum membuat konten instagram menarik
Tentukanlah konsep akun bisnis instagrammu sebelum membuat konten. Photo by Nathana Rebouças on Unsplash

Sebelum membuat konten Instagram bisnis propertimu, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu konsep konten yang ingin kamu gunakan. Pikirkanlah konsep yang sesuai dengan konsep properti Anda. Ini akan membantu audiens dengan mudah dalam mengingat bisnis propertimu. Misal, jika kamu memiliki properti yang berkonsep eco-living atau go green, maka kamu bisa memikirkan konsep konten yang bertema eco-living juga. 

2. Lakukan Riset dan Pahami Target Market

Tentukan target audiens dan pahami bagaimana kamu bisa menarik minat mereka melalui konten instagram menarik.
Tentukan target audiens dan pahami bagaimana kamu bisa menarik minat mereka melalui konten instagram menarik. Photo by Lukas

Dalam mempromosikan bisnis propertimu, penting untuk kamu melakukan riset dan memahami target market. Mengapa? karena audiens akan tertarik pada konten instagram bisnis propertimu jika sesuai dengan selera dan apa yang mereka butuhkan. Jika kamu belum memiliki target market, kamu dapat membaca disini untuk menentukan target market yang sesuai dengan propertimu. 

Setelah mengetahui target market yang sesuai, lakukanlah survei sederhana  atau browsing di internet tentang target marketmu. Setelah itu, kaitkanlah interest audiens dengan bisnis propertimu. Pikirkanlah sesuatu yang menarik  atau kelebihan bisnis propertimu yang bisa dikaitkan dengan interest audiens. Misalnya, kamu memiliki target audiens yang berkeluarga, maka kamu bisa membuat konten yang berkaitan dengan kegiatan keluarga di propertimu. Buatlah sekreatif mungkin dan upload di Instagram bisnis propertimu. 

3. Ikuti Tren Konten Instagram Bisnis

Ikuti perkembangan tren konten instagram untuk menjangkau audiens lebih luas. Photo by Cottonbro

Tanpa kamu sadari, tren di sosial media berjalan begitu cepat dan akan selalu datang di setiap harinya. Para pengguna sosial media cenderung selalu mengikuti tren yang ada. Ini dapat menjadi peluang yang besar untuk menambah traffic ke akun instagram bisnis propertimu. 

Untuk mengetahui konten instagram menarik yang sedang trending, kamu bisa browsing fitur “Explore” di Instagram dan scrolling lah di kala waktu senggangmu. Dengan mengikuti tren yang ada, kontenmu akan semakin menarik dan mendapat exposure yang lebih luas. 

4. Hindari Konten Instagram Yang Memicu Kontroversi

Hindari konten instagram menarik yang mengundang kontroversi
Hindari konten instagram yang mengundang kontroversi untuk menjaga reputasi bisnis propertimu. Photo by cottonbro

Kamu mungkin pernah berpikir untuk membuat konten kontroversi yang akan membuat akun bisnis instagrammu cepat viral dan menarik banyak perhatian. Namun sebelum membuat konten yang viral, pastikan tidak mengandung unsur kontroversi atau bahkan unsur negatif. Konten yang mengandung unsur tertentu akan memengaruhi reputasi akun Instagram bisnis propertimu. 

Ingat! audiens akan cepat mengingat dan mengenal brand presence yang kamu bawakan di kontenmu. Jika kamu ingin tetap memiliki brand image yang baik, pastikan konten yang kamu buat tetap selaras dengan konsep bisnis propertimu dan tidak mengandung unsur yang menggiring opini. 

Contoh Konten Instagram Menarik Untuk Bisnis Hotel, Villa, atau Guest House

1. Tips dan Trik Seputar Traveling

Berilah tips traveling sebagai konten menarik di akun bisnis instagrammu.

Saat ingin mengunjungi tempat baru, kita pasti merasa memerlukan informasi sebanyak mungkin tentang tempat tersebut. Nah, kamu bisa membagikan informasi terkait tips dan trik traveling di daerah bisnis propertimu. Ini akan sangat membantu audiensmu dan mereka akan sangat menghargainya. 

2. Rekomendasi Destinasi Lokal

Tunjukkan lah kepada pengikut akun Instagrammu bahwa kamu tertarik untuk membawakan pengalaman yang se-menyenangkan mungkin dengan membagikan rekomendasi destinasi lokal favorit di sekitar bisnis propertimu, sebagai konten instagram menarik bagi audiens. Dengan melihat konten rekomendasi destinasi tersebut, audiens akan memiliki keinginan untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut. Maka secara tidak langsung, ia juga akan tertarik untuk mencari properti di sekitar area tersebut. Konten ini pun akan efektif untuk membawa traffic ke akun Instagram sekaligus meningkatkan booking rate bisnis propertimu. 

3. Fakta Unik Tentang Daerah Propertimu

Fakta-fakta unik di area propertimu bisa menjadi ide konten instagram menarik

Membagikan informasi seputar fakta unik di daerah bisnis propertimu berada dapat menjadi konten instagram menarik yang bisa kamu coba. Fakta unik tersebut bisa seperti keunikan masyarakatnya, tradisi, sejarah, dan ikon-ikon yang menarik. Dengan mengetahui fakta-fakta unik ini, akan lebih banyak audiens yang tahu tentang daerah propertimu. Kamu juga mungkin memberikan ide tempat liburan mereka selanjutnya dan menjadikan propertimu sebagai tempat menginap. 

4. Rekomendasi Makanan Lokal

Rekomendasikanlah beberapa destinasi makanan lokal sebagai konten instagram menarik
Rekomendasikanlah beberapa destinasi makanan lokal sebagai konten instagrammu. Photo by Meruyert Gonullu

Mencari makanan lokal merupakan suatu hal wajib bagi tamu saat traveling. Ini bisa menjadi peluang konten instagram menarik bagi akun bisnis propertimu. Beritahulah kepada audiens beberapa list makanan lokal favoritmu di sekitar propertimu. Deskripsikanlah juga keunikan dan kelebihan makanan lokal tersebut sehingga audiens bisa membayangkannya dan menunjukkan minatnya untuk datang ke tempat tersebut. 

5. Repost Konten Influencer di Propertimu

Promosi konten instagram menarik influencer bekerja dua kali lebih efektif daripada iklan berbayar.
Promosi influencer bekerja dua kali lebih efektif daripada iklan berbayar. Photo by Elina Sazonova

Mendapat exposure dari influencer merupakan kesempatan emas yang sangat menguntungkan untuk bisnis properti. Menurut studi Mckinsey, strategi ini bisa dua kali lebih efektif daripada iklan berbayar. Ini bisa menjadi konten instagram menarik bagi bisnis propertimu. Pasalnya, influencer memiliki jumlah pengikut yang besar, spesifik, dan loyal. Jadi, jika kamu memiliki tamu seorang influencer, berikanlah benefits yang lebih kepada mereka, karena dapat senantiasa memberikan benefits yang besar juga terhadap propertimu.  

6. Spot Instagrammable

Tariklah perhatian audiens dengan menunjukkan spot-spot menarik yang Instagramable di propertimu sebagai konten instagram menarik. Spot-spot Instagramable di propertimu bisa menjadi suatu kelebihan dan keunikan yang membedakan bisnis propertimu dengan bisnis properti lainnya. Kelebihan dan keunikan inilah yang dapat memikat minat tamu untuk stay di propertimu. Pastikan juga kamu memiliki foto yang berkualitas agar persona propertimu dapat terlihat dengan sempurna. 

7. Repost Ulasan Tamu

Walaupun terkesan self-promotion, cara ini dapat kamu coba untuk meningkatkan kepercayaan calon tamu terhadap bisnis propertimu. Kutiplah beberapa ulasan tamu di OTAs propertimu dan highlight ucapan tamu yang menunjukkan kelebihan propertimu di dalam konten. Jangan lupa juga cantumkan nama sang pemberi ulasan. Cara ini juga efektif untuk mengajak tamu lainnya untuk memberi ulasan menarik seputar bisnis propertimu. 

8. Informasi Tradisi Masyarakat Lokal

Tradisi lokal bisa menjadi ide konten instagram menarik
Tradisi lokal bisa menjadi ide konten instagram yang menarik. Photo by Photo by Artem Beliaikin

Tak dipungkiri bahwa tradisi lokal merupakan keunikan yang tamu cari saat berpergian di tempat baru. Beritahu lah audiens beberapa tradisi lokal yang ada di daerahmu sebagai salah satu konten. Tradisi lokal tersebut bisa seperti tradisi perayaan tahun baru, tradisi festival, tradisi keluarga, dan tradisi lainnya bisa menjadi konten instagram menarik bagi audiensmu. Cara ini juga efektif untuk mempromosikan daerah propertimu sehingga semakin banyak wisatawan yang mengunjungi daerah tersebut. 

9. Informasi Terkini Tentang Bepergian

Di tengah situasi pandemi ini, pasti banyak audiens yang merasa khawatir jika ingin bepergian. Melihat situasi ini, informasi terbaru terkait regulasi traveling bisa menjadi konten instagram menarik untuk akun bisnis propertimu. Informasi traveling biasanya sangat dicari oleh para travelers dan sangat dibutuhkan. Jadi dengan memberikan informasi terbaru terkait traveling akan membantu audiens. Akun Instagram bisnis propertimu juga akan mendapat exposure dan engagement dari audiens. 

10. Virtual Tour

Tren virtual tour sebagai konten instagram menarik bisa kamu ikuti untuk menampilkan pesona propertimu.
Tren virtual tour bisa kamu ikuti sebagai konten untuk menampilkan pesona propertimu. Photo by Photo by Bradley Hook.

Semenjak pandemi, virtual tour menjadi hal yang hits belakangan ini. Melalui virtual tour, audiens dapat melihat suatu tempat menarik tertentu tanpa harus keluar rumah. Virtual tour dapat menjadi ide konten menarik di Instagram propertimu. Buatlah virtual tour yang menampilkan pesona propertimu, mulai dari sekeliling properti hingga fasilitas kamar yang ada. Kamu bisa menggunakan kamera dengan fitur 360° yang sedang hits belakangan ini. 

Dalam video ini, kamu juga bisa mencari peluang dengan berkolaborasi dengan content creator atau influencer yang dapat menarik audiens lebih besar. Kamu juga bisa mengunggahnya di Youtube. Cara ini tentu efektif dalam meningkatkan awareness sekaligus minat audiens terhadapa propertimu. 

11. Event Yang Akan Berlangsung

Tak sedikit orang rela datang dari jauh hingga keluar kota untuk menyaksikan musisi, idola ataupun selebriti favorit mereka di event tertentu. Ini bisa menjadi peluang bagi kamu untuk menarik perhatian audiens yang tertarik terhadap event. Buatlah konten Instagram berupa informasi tentang event maupun festival tersebut, seperti waktu festival berlangsung, regulasi festival, hal penting yang diperlukan, dan bintang tamu yang akan datang ke event tersebut.

Berilah juga informasi seputar hal menarik mengenai event tersebut. Hal-hal tersebut bisa seperti alasan mengapa mereka harus datang ke event tersebut. Uliklah informasi lebih dalam seputar festival di daerah propertimu dan bagikan informasi tersebut kepada audiens. 

Kesimpulan

Pengguna aktif Instagram yang banyak menjadi salah satu alasan mengapa Instagram merupakan platform yang cocok untuk mempromosikan bisnis propertimu. Dengan aktif membuat konten menarik Instagram secara konsisten, ini akan membantu kamu untuk meningkatkan awareness bisnis propertimu. Ingin menarik lebih banyak audiens dan meningkatkan pendapatan tanpa perlu repot-repot? Di Bukit Vista, kamu bisa mempromosikan bisnis propertimu secara maksimal di OTAs dengan lebih dari 40.000 reviews. 

Bergabunglah bersama lebih dari 200 properti partner Bukit Vista untuk mendapatkan tujuan yang kamu inginkan sekarang. Pelajari lebih lanjut tentang management services.

Compare listings

Compare
Send Us Inquiry
1
Booking Inquiries
or scan the code
Hello 👋🏻,
How can we help you? 🙏🏼
Share via
Copy link
Powered by Social Snap