Menggunakan kecerdasan buatan untuk meningkatkan nilai sewa properti

img Gareth Bukit Vista | January 6, 2023

Sebagai salah satu pengelola properti terkemuka di Bali, Bukit Vista terus menemukan inovasi baru dalam mengubah dan mengoptimalkan 140+ mitra properti kami untuk mendatangkan lebih banyak pendapatan dan tamu untuk properti sewaan mereka. Salah satu cara kami mencoba mengoptimalkan pendapatan mereka adalah melalui penetapan harga dinamis, sebuah strategi di mana kami menyesuaikan harga harga cantuman kami untuk memperhitungkan perubahan permintaan dan faktor data lainnya. Ini dilakukan secara manual sebelumnya oleh spesialis pendapatan kami, tetapi berkat visterns kami yang brilian, kami dapat mengotomatiskan proses ini melalui pembelajaran mesin. Menarik bukan? Baca lebih lanjut artikel di bawah ini tentang bagaimana mereka berhasil dalam penerapan mereka.

dynamic pricing graph showing different pricing points
Penetapan harga dinamis melibatkan perubahan titik harga yang berbeda, bukan titik harga statis. Yang dapat meningkatkan pendapatan dalam jangka panjang

Sebelum itu, mari perkenalkan para vistern yang mengelola proyek ini.

Thoriq dan Maria adalah peserta magang Ilmu Data Bisnis atau Business Data Scientist di Bukit Vista. Thoriq adalah seorang mahasiswa tingkat akhir di Universitas Indonesia yang menjalani jurusan Teknik Komputer. Sementara itu, Maria adaah seorang mahasiswa tingkat akhir di Universitas Gadjah Mada dengan jurusan Statistika. Mereka bergabung dengan tim Bukit Vista Agustus lalu melalui program MSIB Kampus Merdeka Batch 3. Dan telah menemukan pengalaman baru yang tak terhitung jumlahnya selama program dan di sini untuk berbagi lebih banyak tentang salah satu proyek terbesar mereka namun dengan harga yang dinamis. 😉

Thoriq mencari harga yang dinamis
Selain melakukan dynamic pricing, Maria senang jogging

Sedikit latar belakang

Penetapan harga dinamis adalah program di mana manajer pendapatan Bukit Vista melihat data sebelumnya dari setiap properti menggunakan grafik dan menghubungkan setiap wawasan ke satu kesimpulan yang merupakan keputusan penetapan harga terbaik untuk mengoptimalkan kinerja properti. Mengetahui besarnya data yang perlu dianalisis setiap hari, mengerjakan banyak laporan singkat secara manual terdengar sangat memberatkan. Sebagai gambaran, laporan singkat dibuat setiap minggu untuk setiap properti. Bayangkan melihat 5 – 6 grafik untuk setiap properti, menafsirkannya, dan terakhir menghubungkan titik-titik yang menghasilkan satu keputusan penetapan harga. Proses ini biasanya dilakukan secara manual, sehingga sangat memakan waktu, tidak efisien, dan meningkatkan tingkat kesalahan manusia. Selain itu, inovasi membuat harga dinamis otomatis terjadi akibat kebutuhan akan visibilitas jumlah orang yang terlibat dalam suatu proyek dan sejauh mana manajemen pengetahuan kami telah mencapai. Secara singkat, tujuan kami adalah untuk mencapai tingkat efisiensi yang sama tanpa kehilangan kualitas apapun.

Promenade sebenarnya adalah singkatan dari Pricing Measures and Strategy Decision. Dari namanya, anda mungkin mengira bahwa Promenade adalah sebuah metode rumit dalam membuat keputusan harga untuk mengoptimalkan semua properti kami. Sejak program dimulai, kinerja perusahaan secara keseluruhan terus membaik. Promenade menyelesaikan semua masalah pekerjaan manual, ini bertindak sebagai mesin pemberi rekomendasi untuk analis harga kami di Bukit Vista.

Logo promedame, dirancang oleh desainer artistik Olla Bukit Vista

Sebagai gambaran, lihatlah gambar di bawah ini. Katakanlah kami memiliki kamar yang ingin kami jual pada Desember 2022 ini. Kami mengidentifikasi peluang pemesanan dengan mengamati celah yang ada di antara pemesanan kami saat ini di kalender. Analis penetapan harga mengidentifikasi peluang tersebut sebagai NAB (Blok Tersedia Berikutnya) yang dapat kami jual untuk menghasilkan pendapatan.

Setelah analis penetapan harga mengidentifikasi peluang tersebut, mereka akan menerapkan strategi penetapan harga yang berbeda untuk setiap NAB untuk meningkatkan peluang menarik lebih banyak pemesanan. Strategi penetapan harga ini disebut PED (Pricing Event Decision).

Setelah dipasangkan satu sama lain, mereka akan dipantau dan dievaluasi selama berhari-hari. Jika pasangan tersebut berhasil menarik pemesanan, mereka akan menjadi PWF (Alur Kerja Terbukti), artinya ini adalah strategi penetapan harga di mana strategi itu sendiri sesuai dengan pertimbangan pasar saat ini.

Promenade mengumpulkan NAB dari semua Properti di Bukit Vista dan menyimpannya dalam database. Dari sana, semua NAB tersebut dipelajari oleh algoritme pembelajaran mesin yang disebut Pohon Keputusan. Lembur, semakin banyak NAB yang dipelajari dan akhirnya Promenade menghasilkan aturan umum tentang bagaimana memberikan strategi penetapan harga berdasarkan data yang dikumpulkan.

Dengan mengingat hal itu, analis penetapan harga kami hanya perlu memberikan NAB yang ingin mereka optimalkan ke Promenade, misalnya seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Promenade menghasilkan strategi penetapan harga yang disarankan (SPED, singkatan dari PED yang Disarankan) untuk NAB itu! Ini memudahkan beban kerja analis penetapan harga dan secara signifikan meningkatkan kecepatan analisis penetapan harga.

Tentunya hingga saat ini Promenade masih terus menyempurnakan diri. Dari waktu ke waktu, setiap data yang kami suplai ke Promenade akan meningkatkan efisiensi dan efektivitasnya untuk menghasilkan strategi penetapan harga yang lebih baik. Ini memastikan peningkatan berkelanjutan dan penyesuaian harga yang lebih terukur untuk properti di Bukit Vista

Proyek yang menginspirasi bukan? Kami selalu mengapresiasi Vistans dan Vistern kami, yang telah menginspirasi Delight dan menciptakan dampak bagi karyawan, tamu, dan mitra kami. Kami menghargai bakat mereka dan melihatnya sebagai aset berharga bagi perusahaan kami.

Tertarik untuk bergabung dengan kami mengubah industri pariwisata dan perhotelan?
Hubungi kami di halaman karir kami dan lihat bagaimana anda dapat menjadi dampak signifikan di Bukit Vista!

Compare listings

Compare
Send Us Inquiry
1
Booking Inquiries
Scan the code
Hello 👋🏻,
How can we help you? 🙏🏼
Share via
Copy link
Powered by Social Snap