villa in bali for rent

6 Pelajaran Penting Yang Perlu Anda Ketahui Saat Membeli Villa di Bali

img Gareth Bukit Vista | January 6, 2023
buying a villa in Bali
Bali masih menjadi tempat favorit bagi investor di seluruh dunia. Foto oleh Alleksana

Sebagai salah satu tujuan utama di Asia, pemikiran untuk membeli vila di Bali masih dimiliki oleh banyak investor di seluruh dunia. Pasalnya, Bali masih menjadi pusat pariwisata yang tetap menjadi tempat paling banyak dikunjungi wisatawan, bahkan setelah pandemi. Hingga September 2022, tercatat 1,19 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Bali.

Industri pariwisata merupakan penggerak ekonomi utama di Bali dan dampak dari pandemi COVID-19 tentunya menyebabkan pariwisata di Bali melumpuhkan sektor pariwisata di Bali. Meski begitu, inilah saat yang tepat bagi anda untuk memulai investasi properti di Bali. Baca lebih lanjut di bawah ini untuk mengetahui alasannya.

Mengapa Berinvestasi di Properti Bali?

Meski industri pariwisata lumpuh akibat dampak COVID-19, Bali tetap menarik minat investor untuk berinvestasi di properti Bali. Pemulihan yang cepat dibandingkan tempat lain menjadi salah satu alasan mengapa investor masih memilih Bali sebagai tempat yang aman untuk berinvestasi. Berikut alasan mengapa properti Bali menjadi primadona untuk berinvestasi:

1. Pariwisata

buying a villa in bali
Keindahan alam Bali adalah yang paling menarik wisatawan untuk terus datang kembali. Foto oleh Dimitri Dim

Kita semua tahu bahwa Bali adalah tempat yang alami. Ada begitu banyak air terjun yang indah, hamparan sawah yang memukau, hutan yang lebat dan asri, serta banyak pantai yang indah disertai matahari terbenam dan matahari terbit yang tidak bisa ditawarkan oleh tempat lain. Kisaran tujuan alam di Bali tidak terbatas.

Keindahan alam yang masih terjaga dan asri inilah yang menjadi kekuatan pariwisata Bali yang selalu menarik wisatawan untuk merindukan Bali. Inilah mengapa Bali keluar dari pandemi lebih cepat daripada tempat lain di dunia.

2. Gaya hidup Bali

Bali has become a fast-growing hotspot for digital nomads in recent years. Photo by Grand Ath Thariq Kusmara Gustav

Selain sebagai destinasi populer, Bali juga terkenal dengan gaya hidup santai dibandingkan kota lain. Inilah mengapa Bali telah menjadi hotspot yang berkembang pesat bagi pengembara digital dalam beberapa tahun terakhir.

Sebagian besar dari mereka mengatakan bahwa gaya hidup orang Bali adalah contoh keseimbangan sempurna antara sikap pulau yang santai dan visi kewirausahaan. Koneksi internet dan wifi juga berkembang pesat dibandingkan pulau surga lainnya.

Akses internet dan kerja online mudah dilakukan di mana saja. Fenomena Work From Anywhere diprediksi akan terus berkembang di masa mendatang mengikuti dinamika perubahan kehidupan pasca pandemi.

Selain akses internet, biaya hidup yang relatif murah juga menjadi salah satu alasannya. Makanan lokal dan non lokal dapat ditemukan dengan mudah di mana-mana. Selain itu, akses transportasi yang mudah juga membuat kehidupan di Bali semakin menyenangkan dan memudahkan mereka untuk tinggal di pulau surga ini. Lalu, apa yang tidak disukai dari Bali?

3. Lokasi Pulau Bali

buying a villa in bali
Bali memiliki banyak pulau indah yang tidak kalah indahnya dengan pulau utama. Foto oleh Aleksandar Pasaric

Pulau Bali adalah pulau paling terkenal di Indonesia dan merupakan pintu gerbang ke beberapa kawasan keindahan alam paling menakjubkan di dunia. Pulau Bali juga ditemani oleh beberapa pulau lain yang tak kalah indahnya. Ada pulau Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan yang juga memiliki hidden gems tersembunyi di baliknya.

Banyaknya lokasi wisata di pulau lain di Bali bisa menjadi peluang anda untuk memilih lokasi yang tepat untuk investasi properti anda. Semakin strategis dan dekat dengan kawasan wisata, semakin baik untuk investasi properti anda. Jadi pilihlah lokasi yang tepat untuk investasi properti anda dalam jangka panjang.

4. Harga terjangkau

buying a villa in Bali
Bali memiliki harga yang terjangkau dibandingkan dengan pulau surga lainnya di seluruh dunia. Foto oleh pixabay

Dibandingkan dengan pulau surga lainnya, properti Bali memiliki harga yang relatif murah. Ini adalah salah satu pertimbangan dan pilihan menarik bagi investor yang mencari investasi properti dengan anggaran terbatas. Jangan khawatir, kami akan menjelaskan kepada anda tentang berapa anggaran yang perlu anda siapkan untuk mendapatkan properti Bali. Teruslah membaca!

Apakah Orang Asing Dapat Membeli Properti di Indonesia?

villa in bali for rent
orang asing diperbolehkan untuk memiliki properti di Indonesia sesuai dengan peraturan pemerintah indonesia. Foto oleh Bukit Vista

Peraturan Pemerintah Indonesia

Apakah orang asing diperbolehkan membeli vila di Bali dan memiliki properti tersebut? Jawabannya iya! Villa di Bali bisa dibeli oleh orang asing. Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 103 Pasal 2 ayat 2, warga negara asing diperbolehkan membeli real estat di Indonesia jika keberadaannya memberikan manfaat, melakukan usaha, bekerja, atau menanamkan modal di Indonesia.

Jenis properti dan lokasi

Warga negara asing dapat memiliki dua jenis properti di Indonesia. Sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.103 Tahun 2015, warga negara asing diperbolehkan memiliki dua jenis properti, yaitu apartemen dan rumah. Mengingat langkanya apartemen di Bali, rumah tapak banyak diminati untuk investasi.

Pilih lokasi yang tepat selain jenis properti. Lokasi yang strategis di dekat kawasan wisata menjadi pilihan terbaik untuk investasi. Ada beberapa kawasan properti populer di Bali yang perlu dipertimbangkan, antara lain Canggu, Pererenan, Seminyak, Umalas, Kerobokan, Seseh, Sanur, Ubud, dan Bukit Peninsula.

Persyaratan kepemilikan Properti Bali

Namun, anda tidak akan dapat memiliki tanah tempat vila dibangun sebagai orang asing. “Hak milik” adalah sertifikat pemilik tanah yang hanya dapat dimiliki oleh warga negara Indonesia. Untuk memegang hak atas properti sebagai orang asing, anda harus menggunakan mekanisme yang dikenal sebagai “Hak untuk menggunakan”. Jenis kepemilikan ini memberi anda hak untuk menggunakan properti selama jangka waktu tertentu.

Pemerintah memberi orang asing yang berinvestasi di properti Bali Hak Pakai 30 tahun. Orang asing diizinkan untuk memperbarui untuk jangka waktu 20 tahun. Jika masa pakai hasil perpanjangan habis masa perpanjangannya adalah 30 tahun. Orang asing diizinkan untuk memperbarui untuk jangka waktu 20 tahun. Jika masa pakai hasil perpanjangan habis masa perpanjangannya adalah 30 tahun. Orang asing dapat memiliki properti dengan hak pakai hasil hingga 80 tahun selama mereka memiliki izin tinggal Indonesia.

Anda juga akan membutuhkan hak guna bangunan selain hak pakai hasil (hak untuk membangun). Judul ini diperlukan baik untuk orang asing maupun pemilik properti saat membeli, menjual, atau mengelola vila komersial.

Cara Menemukan Properti yang Tepat

buying.a villa in bali
Anda dapat memulai dengan beberapa cara untuk menemukan properti yang tepat. Foto oleh Bukit Vista

Tentunya diperlukan kesabaran dalam mencari properti yang tepat. Namun jangan khawatir, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mempermudah menemukan properti yang tepat. Berikut adalah beberapa ide untuk memulai pencarian anda:

1. Online

anda dapat memulai pencarian anda melalui agen real estat, situs web iklan baris, grup media sosial, dan platform online yang mencantumkan properti untuk dijual di Bali. Anda dapat menggunakan kata kunci seperti “villa dijual Bali” atau “tanah dijual Bali” untuk menemukan listing yang sesuai dengan kebutuhan anda.

2. Agen lokal

Ada banyak agen real estate di Bali yang dapat membantu anda menemukan properti. Agen ini biasanya memiliki daftar yang luas dan dapat memberi anda panduan tentang pasar properti lokal.

Ada beberapa manfaat dan biaya yang perlu dipertimbangkan saat bekerja dengan agen real estat:

Keuntungan:

  • Keahlian: Agen real estat adalah para profesional terlatih dengan pengetahuan luas tentang pasar properti lokal. Mereka dapat memberi anda wawasan dan panduan berharga dalam hal membeli atau menjual properti.
  • Jaringan: Agen real estat memiliki jaringan kontak dan sumber daya yang luas yang dapat membantu anda menemukan properti atau pembeli yang tepat untuk kebutuhan anda.
  • Efisiensi: Bekerja sama dengan agen dapat menghemat waktu dan tenaga anda, karena mereka dapat menangani sebagian besar pekerjaan yang melibatkan pembelian atau penjualan properti, seperti menjadwalkan kunjungan, menegosiasikan kesepakatan, dan menyiapkan dokumen.
  • Perlindungan hukum: Seorang agen dapat membantu anda menavigasi aspek hukum dari transaksi real estat, seperti meninjau kontrak dan memastikan bahwa semua dokumentasi yang diperlukan sudah beres.

Biaya:

  • Komisi: Agen real estat biasanya membebankan komisi berdasarkan harga jual properti. Komisi ini dapat berkisar dari beberapa persen hingga lebih dari 10%, tergantung pada lokasi dan jenis properti.
  • Biaya: Selain komisi, agen mungkin membebankan biaya lain, seperti untuk iklan atau menyiapkan materi pemasaran.
  • Risiko konflik kepentingan: Meskipun agen diharuskan untuk bertindak demi kepentingan terbaik klien mereka, ada risiko bahwa mereka mungkin memiliki kepentingan yang bertentangan jika mereka mewakili pembeli dan penjual dalam suatu transaksi.

3. Networking

Jika anda mengenal orang yang sudah memiliki properti di Bali, mereka mungkin dapat memberi anda arahan atau rekomendasi untuk properti yang tersedia. Jaringan pakar komunitas kami memungkinkan kami berjejaring dengan perusahaan real estat yang dapat anda hubungi.

5. On-site

Jika anda sudah berada di Bali, anda dapat mencari properti dengan berkeliling dan mencari tanda “dijual”, atau dengan langsung menghubungi agen lokal atau pengembang properti. Cara ini pasti melelahkan tetapi anda bisa menemukan properti permata tersembunyi yang tidak dapat anda cari melalui platform online.

Berapa Harga Properti di Bali?

Pemerintah juga telah menetapkan batas harga minimum properti yang boleh dibeli oleh orang asing. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa pasar properti tetap stabil dan terjangkau oleh orang asing. Anda bisa mendapatkan properti di Bali hanya dengan Rp 2 miliar untuk sebuah apartemen.

Setelah anda menemukan rumah impian anda, perlu diingat bahwa transaksi real estat di Indonesia harus dilakukan secara transparan dan di bawah pengawasan pihak yang berwenang. anda juga harus membayar properti secara penuh atau transaksi anda akan gagal.

Pemeriksaan Dokumen

buying a villa in bali
memeriksa dokumen latar belakang kepemilikan properti merupakan langkah penting sebelum anda membuat kesepakatan. Foto oleh Andrea Piacquadio

Setelah anda menemukan rumah impian anda, yang harus anda lakukan adalah memeriksa dokumen latar belakang kepemilikan properti.

Langkah ini sangat penting untuk memastikan kepemilikan sah atas properti yang akan anda beli. Ini juga akan merinci ketidaksepakatan, pembayaran utang, status properti saat ini, dan kepemilikan.

Berikut ini adalah dokumen penting yang harus anda verifikasi dengan pemilik properti:

  1. Kartu Tanda Penduduk pemilik/penjual
  2. Kartu Keluarga (Kartu Keluarga)
  3. Akta Nikah atau Akta Kematian (tergantung pada keadaan pasangan)
  4. Sertifikat kepemilikan tanah asli
  5. pembayaran pajak PBB, yang disebut SPPT PBB
  6. Nomor Pokok Wajib Pajak Pemilik/Penjual (NPWP)

Bagaimana Mengelola Properti

Mengelola vila properti dapat melibatkan berbagai tugas dan tanggung jawab.

Selanjutnya, mengelola properti anda adalah langkah terpenting dalam perjalanan investasi properti anda di Bali. 

Mengelola properti bali dapat melibatkan berbagai tugas dan tanggung jawab, tergantung pada kebutuhan khusus properti dan harapan pemilik atau pemilik. Berikut beberapa langkah umum yang harus dilakukan saat mengelola vila:

  1. Tentukan tujuan dan sasaran properti. Apakah anda berniat menggunakannya sebagai persewaan liburan, rumah kedua, atau tempat tinggal utama anda? Memahami tujuan penggunaan properti akan membantu memandu keputusan manajemen anda.
  2. Buat anggaran dan rencana pemeliharaan dan pemeliharaan. Ini harus mencakup pembersihan rutin, lansekap, dan perbaikan atau renovasi apa pun yang diperlukan.
  3. Pertimbangkan untuk menyewa perusahaan pengelola properti untuk menangani tugas sehari-hari yang terkait dengan pengelolaan properti. Ini dapat mencakup tugas seperti berkoordinasi dengan tamu, menangani pemesanan, dan mengelola pemeliharaan dan perbaikan.
  4. Tetapkan kebijakan dan prosedur properti, seperti aturan tamu, prosedur check-in dan check-out, dan kebijakan terkait lainnya.
  5. Tinjau dan perbarui rencana manajemen properti anda secara teratur untuk memastikan properti terpelihara dengan baik dan berjalan lancar.
  6. Ikuti perkembangan hukum dan peraturan setempat yang mungkin berdampak pada properti, seperti peraturan zonasi, peraturan pajak, dan kode kesehatan dan keselamatan.
  7. Menyimpan catatan cermat dari semua transaksi keuangan yang melibatkan properti, termasuk pendapatan, pengeluaran, dan pajak.

Tidak mudah menjadi pemilik properti, apalagi jika anda baru mengenal industri perhotelan. Banyak pemilik properti baru berjuang untuk mengelola properti mereka secara efektif. 

Hasilnya, Bukit Vista menyediakan layanan manajemen properti profesional yang sederhana, dapat diandalkan, dan dapat disesuaikan untuk setiap properti. Tonton video di bawah bagaimana layanan manajemen kami dapat membantu anda!

Layanan manajemen properti Bukit Vista telah mempermudah hidup lebih dari 206 pemilik properti dengan mengelola properti mereka secara individual.

Sebagai mitra Bukit Vista, properti anda akan dikelola secara optimal berdasarkan analisis pasar real-time yang dilakukan oleh tim Bukit Vista, serta layanan profesional lainnya.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang dapat kami lakukan untuk properti anda, silakan kunjungi situs web kami. Hubungi kami sekarang untuk konsultasi gratis dengan para ahli kami. Beri tahu kami tentang masalah anda dan izinkan kami membantu anda untuk mengetahuinya.

Compare listings

Compare
Send Us Inquiry
1
Booking Inquiries
Scan the code
Hello 👋🏻,
How can we help you? 🙏🏼
Share via
Copy link
Powered by Social Snap