Meningkatkan Pendapatan Properti Anda Melalui Dynamic Pricing?

img jessica s. | April 4, 2023

Halo semuanya! Izinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Jessica, seorang Business Analyst dan Revenue Management Specialist di Bukit Vista. Saya telah melakukan analisis dan optimasi lebih dari 100 kali, dan menigkatkan pendapatan properti sebesar lebih dari 100 juta melalui dynamic pricing. Selain itu, saya belajar di César Ritz Colleges Switzerland & Washington State University di bidang manajemen bisnis perhotelan.

Beberapa dari Anda mungkin sudah mengenal saya, karena saya sering berkomunikasi dengan partner mengenai penetapan harga dan kinerja properti Anda. Saya menulis blog ini, untuk mengenalkan tentang apa yang tim Dynamic Pricing lakukan setiap hari. Melalui tulisan ini, saya ingin menjawab semua pertanyaan Anda dan memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai Dynamic Pricing.

Apa itu Dynamic Pricing Management?

Dynamic pricing adalah strategi di mana bisnis menyesuaikan harga penawaran mereka untuk memperhitungkan perubahan permintaan, yang menggunakan harga fleksibel alih-alih harga tetap. Tujuannya adalah untuk mendapatkan harga yang tepat, pada waktu yang tepat.

Mengapa kami menggunakan strategi harga dinamis?

  • Pendapatan yang Dioptimalkan: Penetapan harga dinamis memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan tarif sewa secara real-time berdasarkan berbagai faktor seperti permintaan, musiman, acara lokal, dan tren pasar. Pengoptimalan ini menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi dengan mengemakan harga yang lebih tinggi selama periode permintaan tinggi dan menyesuaikan harga selama periode permintaan rendah untuk menarik lebih banyak tamu.

  • Keunggulan Kompetitif: Penetapan harga yang dinamis memungkinkan perusahaan untuk tetap kompetitif dengan menyesuaikan tarifnya untuk menyamai atau mengungguli harga pesaing. Hal ini membantu menarik lebih banyak pemesanan dan mempertahankan tingkat hunian yang stabil.

  • Okupansi Maksimal: Dengan menawarkan harga yang lebih rendah selama waktu-waktu sepi, perusahaan dapat meningkatkan tingkat hunian dan meminimalkan jumlah properti yang kosong. Hal ini memaksimalkan potensi pendapatan keseluruhan dari portofolio penyewaan.

  • Adaptasi Real-Time: Penetapan harga dinamis memungkinkan perusahaan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan kondisi pasar, seperti lonjakan permintaan yang tiba-tiba karena acara khusus atau keadaan yang tidak terduga. Kelincahan ini membantu menangkap peluang pendapatan tambahan

  • Wawasan Berbasis Data: Menerapkan strategi penetapan harga yang dinamis melibatkan analisis data dari berbagai sumber, seperti pola pemesanan historis, tarif pesaing, dan acara lokal. Proses ini memberikan wawasan berharga yang dapat menginformasikan keputusan penetapan harga dan strategi pemasaran.

Bagaimana kami menganalisis properti Anda untuk menentukan strategi penetapan harga.

Tim Revenue Management di Bukit Vista secara rutin memantau kinerja properti Anda dan menggunakan Dynamic Pricing sebagai strategi untuk meningkatkan okupansi properti Anda. Setiap properti tangani oleh seorang spesialis penetapan harga dan mengikuti jadwal inspeksi secara mingguan. Mungkin anda bertanya-tanya bagaimana kami menganalisis properti Anda dan menentukan strategi penetapan harga tertentu untuk meningkatkan kinerja properti Anda? Mari kita jelajahi lebih lanjut!

1. Tetapkan harga yang lebih rendah untuk bulan pertama peluncuran

Menurunkan harga dengan ‘Diskon Properti Baru’ dapat menarik perhatian tamu untuk membuat laju pemesanan yang stabil dan mengumpulkan banyak ulasan.

Kisaran diskon sekitar 20% – 30% dari harga yang diinginkan pada saat itu. Harga akan dinaikkan secara bertahap seiring dengan meningkatnya performa pemesanan.

2. Sesuaikan harga dengan fleksibilitas

Harga yang fleksibel (dapat disesuaikan lebih rendah atau lebih tinggi dari 40% dari harga dasar) untuk mendapatkan tingkat hunian lebih dari 60% setiap bulannya.
last minute

3. Harga lebih rendah pada tanggal hampir kedaluwarsa

Harga yang lebih rendah pada tanggal yang hampir kedaluwarsa (diskon menit terakhir) dan malam-malam yang tidak terjual hingga 25% dibandingkan dengan harga reguler.
increase price

4. Menaikkan harga ketika laju pemesanan terlalu cepat

Tingkat pemesanan sebuah properti menunjukkan permintaan pasar. Ketika tingkat hunian properti mendekati 50% untuk bulan berikutnya, disarankan untuk menaikkan harga.
 
Hal ini karena properti tersebut dianggap memiliki permintaan tinggi dan memiliki potensi harga yang lebih tinggi.
length of stay

5. Sesuaikan harga sesuai dengan lama menginap

Menurunkan tarif hingga 30% dari tarif harian dapat membantu menjual malam-malam kosong. Kami juga dapat menerapkan inklusi standar untuk masa inap jangka panjang, seperti jadwal penggantian linen, batas penggunaan listrik yang dapat membantu mengendalikan pengeluaran.
bukit vista handle

6. Serahkan sisanya kepada Bukit Vista

Biarkan Bukit Vista mengelola semua pertanyaan yang diterima dari pihak Anda untuk diubah menjadi pemesanan.

Berikut semua data yang kami gunakan untuk menganalisis properti Anda dan membuat keputusan penetapan Dynamic Pricing.

Pendapatan
Uang yang dihasilkan dari penjualan kamar, dihitung secara bulanan. Ini yang menjadi target optimasi untuk setiap properti.
Okupansi
Berapa banyak kamar yang tersedia di properti yang terjual selama periode waktu tertentu. Kami mengukur ini secara bulanan dan dalam persentase.
Ketersediaan
Berapa banyak hari yang masih tersedia dan dapat dipesan dalam kalender saat ini. Idealnya, kami menginginkan properti yang fleksibel dalam ketersediaannya.
ADR
Rata-rata Tarif Harian (Average Daily Rate atau ADR) adalah rata-rata pendapatan sewa yang diperoleh dari kamar yang ditempati per hari. ADR mengukur keberhasilan kinerja operasional properti.
Booking Window
Periode waktu antara saat seorang pelanggan memesan kamar dan saat pelanggan tersebut check-in di properti untuk menginap.
Runway
Jumlah hari dalam kalender yang tersisa antara tanggal saat ini dan tanggal target selanjutnya, misalnya hari kosong yang ingin dioptimalkan.
Rev PAR
Pendapatan yang dihasilkan per kamar yang tersedia adalah indikasi dari kinerja penghasilan properti.
Harga Kompetitor
Satu properti bisa memiliki permintaan yang lebih tinggi dibandingkan properti lain, dan sebagai spesialis manajemen pendapatan, kita harus tetap memperhatikan strategi harga pesaing lainnya.
Lama Tinggal
Durasi menginap yang paling umum dipesan oleh tamu. Ini membantu kami memutuskan apakah kami ingin menerapkan strategi diskon untuk durasi menginap tertentu, jika kami melihat bahwa suatu durasi menginap dipesan lebih sering daripada yang lain.
Laju Pemesanan
Kecepatan reservasi yang dilakukan oleh tamu, yang diukur secara harian. Booking pace juga mengacu pada jarak antara satu reservasi yang diterima dengan yang lainnya. Semakin tinggi peringkat sebuah properti di OTA, semakin tinggi pula booking pace yang diharapkan.
Ulasan & Peringkat
Dikumpulkan dari tamu yang memberikan penilaian dan pesan tentang pengalaman mereka selama menginap. Skor ulasan yang lebih tinggi berarti hospitality dari properti yang lebih baik, yang kemudian mendorong kami untuk menaikkan harga untuk mencocokkan nilainya, dan sebaliknya.
Blokir & Pemeliharaan Pemilik
Blokir manual pada kalender dapat menurunkan kinerja kecepatan pemesanan, sehingga memerlukan penyesuaian ulang harga.

Strategi penetapan harga apa yang bisa kami terapkan

Dalam Dynamic Pricing, ada berbagai strategi penetapan harga yang bisa kami terapkan. Sebagian besar waktu kami gunakan untuk melakukan eksperimen penetapan harga untuk menguji strategi tertentu dan memantau tingkat keberhasilannya. Salah satu strategi yang paling ekstrem adalah perubahan harga dasar, yang bisa naik atau turun tergantung pada kinerja properti Anda. Ada juga gap nights dan tanggal yang hampir kadaluarsa, yang kemungkinan besar akan memicu penurunan harga untuk menarik pemesan last minute. Pada saat yang lebih stabil, kami juga bisa memainkan pengaturan diskon dan menyesuaikan hal-hal seperti diskon mingguan, bulanan, lama menginap, early bird, dan last minute.

Bagaimana partner dapat berkontribusi pada keberhasilan kami?

Untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar, dukungan dari partner kami juga sangat penting bagi tim Revenue Management. Kami membutuhkan bantuan Anda untuk:

  • Menjaga kalender Anda terbuka untuk meningkatkan ketersediaan
  • Mempercayakan Bukit Vista untuk mengoptimalkan properti Anda melalui dynamic pricing
  • Meningkatkan visibilitas tim kami terhadap biaya operasional properti Anda untuk memahami batas harga kami lebih baik

Previous property performance

  • Properti X
    Salah satu properti guesthouse kami yang terletak di Canggu, awalnya hanya mengalokasikan 5 kamar untuk dikelola oleh Bukit Vista hingga Agustus 2022. Awal September, mereka memutuskan untuk menghentikan kemitraan karena beberapa masalah kepemilikan internal. Ketika mereka memutuskan untuk melanjutkan kembali pada awal Oktober, dan memberikan kami alokasi penuh untuk 10 kamar, mereka tahu mereka telah membuat keputusan terbaik karena tingkat pemesanan mereka naik dengan cepat dan pendapatan mereka meningkat dua kali lipat pada bulan itu sendiri.
  • Properti Y
    Salah satu properti mitra jangka panjang kami di Padang-Padang, memiliki performa sangat baik hingga saat ini. Guesthouse ini dengan 6 kamar unik dapat menghasilkan pendapatan tetap sebesar $8,000 per bulan selama 4 bulan berturut-turut. Meskipun pada bulan November merupakan musim sepi, kinerjanya masih jauh di atas standar pasar.
  • Properti Z
    Ini adalah pendapatan dari sebuah vila 3 kamar tidur di Ungasan. Kinerjanya terus meningkat sejak bulan Juli hingga sekarang. Tarif sewa per malam juga meningkat seiring dengan peningkatan kinerja properti dari waktu ke waktu. Hal ini merupakan hasil dari pemilik yang sepenuhnya mempercayakan Bukit Vista untuk mengelola propertinya.

Saya harap Anda artikel ini bermanfaat dan memberikan gambaran yang lebih baik tentang apa yang kami lakukan dalam melakukan penetapan harga melalui Dynamic Pricing. Sebagai partner kami, jika Anda memiliki pertanyaan terkait properti Anda, jangan ragu untuk menghubungi kami. Bagi para pemilik properti baru yang memiliki properti menarik dan tertarik dengan layanan pengelolaan properti kami, silakan hubungi perwakilan tim Bukit Vista kami. Kami menyediakan konsultasi gratis dan proyeksi pendapatan berbayar untuk properti anda. 

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Compare listings

Compare

Book Your FREE Consultation!

💬 Need help?
Scan the code