Pandemi membuat strategi marketing hotel harus ditingkatkan dan disesuikan untuk mendapat booking

7+ Strategi Pintar Marketing Hotel, Villa dan Guesthouse di Masa Pandemi

img feby bukitvista | April 13, 2022
Pandemi membuat strategi marketing hotel harus ditingkatkan dan disesuikan untuk mendapat booking

Pandemi membuat para pelaku bisnis industri pariwisata harus mengolah strategi marketing hotel secara cermat untuk meningkatkan okupansi.

Berdasarkan data terbaru Kemenparekraf, kunjungan wisatawan mancanegara per bulan januari menunjukkan pertumbuhan sebanyak 13,62% dibandingkan pada bulan Januari 2021. Angka ini pun diperkirakan akan terus meningkat, dimana angka pertumbuhan COVID-19 di Indonesia juga mengalami penurunan. 

Ini merupakan satu kabar baik bagi para pelaku bisnis penginapan untuk mengoptimalkan strategi marketing hotel, villa, dan guesthouse mereka untuk menarik para tamu. Untuk mengoptimalkan strategi marketing hotel, villa dan bisnis penginapan lainnya, Anda dapat menggunakan berbagai cara. Berikut 10 Strategi Marketing Hotel, Villa, dan Guest House yang terbukti dapat membuat properti Anda lebih stand out di masa pandemi. 

10 Strategi Marketing Hotel, Villa dan Guesthouse Untuk Meningkatkan Okupansi

1. Memiliki Website Dengan Performa SEO yang Optimal

Di era digital sekarang, penting untuk membuat bisnis kita terlihat dan mudah dicari di dunia digital. Salah satu caranya adalah dengan membuat website. 

Memiliki website merupakan salah satu strategi marketing hotel yang dimiliki hampir oleh semua bisnis penginapan. 

Untuk membuat website bisnis penginapan, Anda dapat membuatnya sendiri secara gratis melalui beberapa website builder atau menggunakan jasa pembuatan website yang dapat disesuaikan dengan keinginan Anda, serta dengan performa terbaik. 

website dengan performa yang baik dan berisi informasi lengkap membantu meningkatkan startegi marketing hotel
Website dengan performa yang baik dan berisi informasi lengkap membantu meningkatkan startegi marketing hotel. Photo by John Jackson

Untuk meningkatkan strategi marketing hotel, buatlah website dengan performa yang baik dan berisi informasi yang lengkap. Studi menyebutkan bahwa 74% travelers tidak mengambil langkah lebih lanjut jika sebuah website tidak memiliki info yang lengkap. Selain itu, 81% travelers juga mengecek website hotel, villa maupun guesthouse yang ingin mereka tinggali. 

Performa sebuah website sangatlah vitaI. Ini akan mempengaruhi kesan pertama para calon tamu terhadap bisnis Anda. Memiliki website dengan performa yang baik juga membantu meningkatkan kepercayaan calon tamu terhadap bisnis properti Anda. 

Selain itu, agar website Anda mudah ditemukan oleh target market, jangan lupa untuk melakukan optimasi SEO yang maksimal. Akan percuma jika Anda memiliki website dengan design yang menarik namun tidak bisa ditemukan oleh wisatawan. 

Website bisnis penginapan Anda dapat dikatakan baik jika website Anda terlihat di halaman pertama mesin pencari, seperti Google, saat wisatawan mencari nama website Anda atau keyword yang terkait dengan bisnis penginapan Anda.

2. Aktif di akun Google My Business

Google My Business adalah sebuah tool dari Google yang diperuntukkan untuk memasarkan bisnis Anda, sekaligus mempermudah para calon konsumen untuk menemukan bisnis Anda di google search atau google maps. 

Insight Google menampilkan 75% konsumen menggunakan penelusuran Google saat mereka mencari hotel atau penginapan. 

Meningkatnya pencarian menggunakan telepon seluler dan pencarian “terdekat” atau “di dekat saya” menghadirkan peluang luar biasa bagi pemilik bisnis hotel dan penginapan untuk meningkatkan marketing hotel dan mendapatkan booking. 

Meningkatnya pencarian menggunakan telepon seluler dan pencarian "terdekat" atau "di dekat saya" menghadirkan peluang luar biasa untuk meningkatkan marketing hotel
Meningkatnya pencarian "terdekat" atau "di dekat saya" menghadirkan peluang luar biasa untuk marketing hotel. Photo by Pixabay

Google My Business akan memasarkan bisnis Anda secara lokal maupun global. Ini adalah salah satu strategi marketing hotel yang bagus untuk meningkatkan jumlah pengunjung website bisnis Anda.  Agar dapat bersaing dengan kompetitor lainnya, Anda juga perlu mengoptimalkan profil Google My Business Anda agar dapat muncul di halaman pertama pada kategori bisnis Anda. 

Untuk mengoptimalkan profil Google My Business, dapat dilakukan dengan cara berikut:

  • Pastikan telah mengisi informasi bisnis dengan lengkap, 
  • Buatlah konten yang menunjukkan pesona properti Anda dan memposting secara konsisten,
  • Tingkatkan jumlah review di akun Google My Business,
  • Masukkan tren keyword tertentu pada akun Anda

3. Buat Branding Hotel Yang Menarik

Untuk meningkatkan marketing hotel, branding memiliki peran yang sangat penting. Branding berperan penting dalam bagaimana calon tamu melihat pesona properti Anda dan tentunya bagaimana reputasi bisnis penginapan Anda. 

Fakta menyebutkan bahwa wisatawan cenderung tidak mencari penginapan termurah, namun pengalaman yang mereka dapatkan.

Alih-alih mengklaim penginapan dengan harga termurah, buatlah image branding yang unik untuk properti Anda.

Branding yang unik berperan penting dalam membuat pesona hotel lebih menonjol
Branding yang unik berperan penting dalam membuat pesona hotel lebih menonjol. Photo by Bukit Vista

Jangan juga mengklaim penginapan Anda sebagai penginapan terbaik. Jelaskanlah apa yang bisa disebut sebagai yang terbaik dari pesona properti Anda. Mulailah dengan membayangkan image yang konsisten untuk properti Anda, serta emosi yang ingin Anda ekspresikan kepada calon tamu Anda.

Buat tamu merasa seolah-olah mereka berhubungan dengan alam jika rumah Anda memiliki daya tarik pedesaan. Jika Anda menargetkan keluarga, warna cerah pada logo dan citra area ramah anak akan membantu Anda menonjol

4. Aktif membuat konten di sosial media

Berdasarkan data Hootsuite pada tahun 2022, tercatat terdapat 190 juta jiwa penduduk di Indonesia yang menggunakan media sosial. Angka ini meningkat sebanyak 12,6% dari tahun sebelumnya. 

Tak hanya alat untuk bersosialisasi di internet, namun media sosial juga digunakan sebagai alat marketing hotel yang sangat efektif. Untuk meningkatkan marketing hotel di media sosial, Anda bisa beralih ke Instagram, Facebook, Tiktok dan Youtube. 

membuat konten marketing di media sosial dapat meningkatkan strategi marketing hotel

Penggunaan media sosial sebagai alat marketing hotel juga harus disesuaikan dengan target market Anda. Instagram adalah media sosial kedua terbanyak yang paling digunakan oleh orang Indonesia setelah WhatsApp. 

Menjalin hubungan dan berkomunikasi dengan target audiens melalui media sosial merupakan salah satu strategi marketing hotel yang efektif untuk meningkatkan awareness masyarakat pada bisnis Anda. 

Anda bisa membuat halaman media sosial untuk bisnis penginapan Anda dan mulai berkomunikasi dengan tamu maupun calon tamu Anda. Sebagai tips, Anda dapat membuat konten-konten promosi hotel yang menarik serta penawaran harga yang akan menarik minat tamu. Anda bisa berbagi informasi kepada tamu seputar pengalaman apa saja yang akan mereka dapatkan jika menginap di penginapan Anda.

5. Berikan pengalaman tamu seperti keluarga

Menyediakan fasilitas yang membuat tamu merindukan hotel Anda, baik itu hotel berbintang maupun hotel non bintang, adalah strategi marketing hotel terbaik untuk meningkatkan mendapatkan pelanggan tetap.

Perlakukan pengunjung Anda seolah-olah mereka adalah anggota keluarga jauh yang sudah lama tidak bertemu. Berikan mereka pelayanan personal atau spesial, seperti kartu ucapan, snack, kue ulang tahun dan lainnya. 

Menyediakan fasilitas yang membuat tamu merindukan hotel Anda, baik itu hotel berbintang maupun hotel non bintang, adalah strategi marketing hotel terbaik untuk meningkatkan mendapatkan pelanggan tetap.

Kepuasaan tamu adalah kunci kesuksesan bisnis penginapan Anda. Jika tamu Anda merasa puas, mereka akan meninggalkan penginapan Anda dengan rasa rindu, senyum, dan kebahagiaan yang terpancar secara tulus. Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa mereka merindukan orang yang mereka cintai. Layanan hotel Anda juga akan dirindukan oleh tamu Anda.

Jangan lupa untuk meminta review pengalaman menginap tamu Anda di situs hotel, villa atau guest house Anda di GMB, website ataupun OTA. Review tersebut akan menjadi aset marketing Anda dan mengundang tamu lainnya untuk tinggal di penginapan Anda

6. Berkolaborasi dengan influencer sesuai dengan target market

Tak bisa dipungkiri bahwa berkolaborasi influencer merupakan salah satu strategi marketing hotel yang sukses meningkatkan bookingan hotel, villa, ataupun guesthouse Anda.

Influencer pada umumnya memiliki ribuan sampai jutaan pengikut di media sosial. Berkolaborasi dengan influencer, sama halnya seperti Anda meminjam audiens mereka untuk mempromosikan bisnis Anda.

berkolaborasi influencer merupakan salah satu strategi marketing hotel yang sukses meningkatkan bookingan hotel, villa, ataupun guesthouse Anda.
Berkolaborasi influencer mampu meningkatkan kunjungangan website properti Anda dan mendapat bookingan. Photo by Los Muertos Crew

Sebelum Anda memulai untuk berkolaborasi dengan influencer, pastikan influencer yang Anda pilih sesuai dengan target market Anda. Jangan sampai Anda mengeluarkan budget yang sia-sia untuk strategi marketing hotel yang kurang matang dan menargetkan target audiens yang salah.

7. Membuat promo menarik di hari spesial

Promo adalah salah satu strategi Andalan bagi hampir semua sektor industri, termasuk pariwisata. Buatlah promo, seperti potongan harga, benefits, atau giveaway yang menarik untuk menarik minat tamu terhadap bisnis Anda. 

Anda bisa membuat promo di hari-hari spesial yang biasanya membuat orang-orang untuk berpergian, seperti hari tahun baru, hari lebaran, hari Natal, dan hari spesial lainnya. 

Jika Anda ingin membuat promo, pastikan Anda telah memperhitungkannya secara optimal, sehingga tidak merugikan pendapatan bisnis penginapan Anda. Walaupun dengan membuat promo, Anda dapat mendapat keuntungannya yang berlipat ganda.

Membuat promo pada hari spesial tertentu mampu menarik minat tamu.
Membuat promo pada hari spesial tertentu mampu menarik minat tamu. Photo by Karolina Grabowska

8. Bergabung dengan manajemen properti

Bergabung dengan manajemen properti merupakan salah satu strategi terbaik untuk Anda yang ingin mendapatkan strategi marketing hotel dari tim profesional. 

Manajemen properti memiliki tim profesional yang akan siap membantu memasarkan sekaligus mengelola perawatan bisnis penginapan Anda. 

Hal ini akan sangat membantu Anda untuk menjaga aset properti Anda dalam jangka panjang dengan pelayanan terbaik. 

Bergabung dengan properti manajemen properti membantu Anda dalam meningkatkan okupansi dan marketing hotel secara maksimal.
Bergabung dengan properti manajemen properti membantu Anda dalam meningkatkan okupansi secara maksimal. Photo by Bukit Vista

Di Bukit Vista Property Management, Anda dapat mengelola, memasarkan, dan merawat bisnis penginapan Anda secara optimal dengan menggunakan data riset market secara real-time, serta memantau pemasukan Anda dimana saja melalui aplikasi BV Go App

Strategi ini sangat cocok bagi Anda yang sering berpergian, tidak memiliki banyak waktu maupun staf dalam mengelola properti Anda. Kunjungi website Bukit Vista DISINI untuk mengetahui bagaimana Bukit Vista bisa membantu Anda dan berbagai benefits yang akan dapatkan untuk mengoptimalkan okupansi Anda.

Compare listings

Compare
Send Us Inquiry
1
Booking Inquiries
or scan the code
Hello 👋🏻,
How can we help you? 🙏🏼
Share via
Copy link
Powered by Social Snap